4 Hal yang Penting Diajarkan Saat Buah Hati Sudah 10 Tahun

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  11 Juni 2019 16:07

Bentuk mental dan kepribadiannya jadi lebih kuat.

Reporter :

Dream - Bukan hanya menyediakan kebutuhan materi bagi anak, tugas orangtua tentunya lebih dari itu. Salah satunya adalah, menyiapkan anak agar menjadi pribadi yang kuat, bermental baja dan tahu adab serta kesopanan.

Jangan sampai anak-anak kita tak tahu bagaimana bersikap saat berada dalam masyarakat. Termasuk memegang teguh prinsip saat banyak ajakan menuju ke arah yang negatif.

Saat anak sudah berusia 10 tahun, penting untuk mengajarkannya hal-hal berikut. Saat mereka sudah memasukan usia pra remaja, akan banyak tekanan dari teman seusia dan lingkungan. Penting untuk membentuk mentalnya dengan hal ini.

1. Menghormati perempuan dan laki-laki
Jangan sampai buah hati memandang gender yag satu lebih lemah atau lebih kuat dari yang lain. Keduanya samasama memiliki kelebihan dan kekurangan dan harus dihormati. Begitu juga pada teman-teman sebayanya, baik itu laki-laki maupun perempuan.

2. Jangan takut melakukan kesalahan
Belajar dari kesalahan boleh dibilang hal yang sulit. Penting juga untuk belajar dari kegagalan sendiri. Jangan biarkan anak takut kehilangan atau membuat kesalahan. Sesekali biarkan anak melakukan kesalahan dan mintalah ia belajar dari hal tersebut.

3. Pengetahuan lebih penting daripada nilai
Terkadang orang tua menjadi sangat marah dengan nilai di sekolah yang tidak memenuhi harapan mereka. Namun, nilai bagus tidak selalu menunjukkan pengetahuan yang baik. Anda harus mengajar anak bahwa pengetahuan lebih penting daripada nilai.

4. Belajar mengatakan " tidak"
Ajari anak untuk mengatakan " tidak" kepada orang dewasa, guru, dan bahkan orangtuanya. Bukan untuk melawan, tapi jika anak memiliki alasan atau argumen yang lebih baik, harus diungkapkan meski harus melakukan penolakan. Ini penting untuk menumbuhkan kepribadian yang kuat. Kemampuan untuk mengatakan " tidak" akan berguna saat ia dewasa kelak.

Sumber: Brightside

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :