4 Hal yang Paling Diingat Anak dari Orangtuanya

IBU DAN ANAK  |  4 Juni 2018 16:03

Bukan hadiah mahal atau liburan ke luar negeri.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Menjadi orangtua adalah 'pekerjaan' seumur hidup. Mungkin ada yang beranggapan, setelah anak-anak menikah, maka orangtua bisa melepaskan tanggung jawabnya. Nyatanya tak demikian.

Rasa sayang yang begitu besar, membuat orangtua akan melakukan apapun hingga akhir hayat untuk menyenangkan anak-anaknya.

Namun ada hal yang paling diingat anak dari orangtuanya. Bukan hadiah mahal atau liburan ke luar negeri. Berikut hal- hal yang paling berkesan bagi anak dari orangtuanya.

Membuat rasa nyaman
Anak-anak memiliki psikologis yang belum matang dan kebutuhannya akan dilindungi sangat tinggi. Mencari kenyamanan dan keamanan akan selalu dilakukan dari orangtua. Hal itulah yang bakal selalu diingatnya, bahkan saat jauh dari rumah. Tak heran para anak rantau yang menghadapi masalah, stres atau semacamnya, seringkali muncul keinginan untuk pulang dan bertemu orangtuanya.

Perhatian yang tak terbagi
Berbicara dengan anak atau fokus bermain dengannya tanpa melakukan aktivitas lain, meski hanya sebentar ternyata sangat berkesan bagi anak. Fokus yang tak terbagi menandakan kalau anak merasa aman, dicintai dan dihargai.

Cara berinteraksi dengan pasangan
Bagaimana interaksi ibu dan ayah, saling menghargai, membantu dan menunjukkan kasih sayang juga akan sangat mempengaruhi anak-anak. Interaksi orangtua di rumah, akan menjadi 'modal' bagi anak saat berinteraksi dengan orang lain. Ia pun akan punya contoh yang baik dalam memperlakukan pasangannya kelak.

Tradisi keluarga
Tiap keluarga pasti punya kebiasaan masing-masing. Bisa saat hari raya, akhir pekan saat berkumpul bersama atau masakan favorit. Pertahankan kebiasaan tersebut dan buatlah menjadi tradisi keluarga. Hal tersebut akan sangat diingat anak-anak dan mungkin akan diterapkannya pada keluarganya kelak.

Sumber: Time

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :