4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak, Mulai Sejak Hamil!

Ibu Dan Anak | Senin, 8 Juli 2019 17:45

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Sulit rasanya menghindari paparan cahaya gadget pada anak, padahal paparan cahaya yang terus menerus bisa mengganggu kesehatan mata anak. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mata anak yang mudah?

Dream- Kesehatan mata anak sangat penting untuk dijaga, bahkan sejak anak berada di dalam kandungan. Tidak hanya berhenti di situ saja, orang tua juga harus menjaga kesehatan anak ketika anak masih bayi, karena belum bisa menjaga matanya sendiri.

Perkembangan zaman memang banyak menciptakan berbagai teknologi yang canggih, bahkan dalam hal mainan anak saat ini. Banyak produsen mainan anak yang membuat mainan yang menggunakan teknologi canggih. Namun apakah aman bagi kesehatan anak?

Sebagai orang tua, kita harus bijak dalam menentukan pilihan untuk anak. Mulai dari nutrisi hingga ke pilihan mainannya.

Kesehatan mata anak bisa dipengaruhi oleh banyak hal, seperti genetik, pengaruh lingkungan, dan asupan nutrisi. Dilansir dari laman Web MD, ada banyak cara menjaga kesehatan mata anak dengan beberapa cara.

Berikut cara menjaga kesehatan mata anak:

4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak, Mulai Sejak Hamil!
Foto: Pixabay.com
2 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak dalam Kandungan

Cara menjaga kesehatan mata anak sebenarnya bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Pentingnya menjaga asupan nutrisi ibu hamil, akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Tidak hanya otak dan jantung, tapi ke semua anggota tubuh lain, salah satunya mata.

Banyak mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah, sayur, kacang dan rutin mengonsumsi 12 ons ikan setiap seminggu sekali, bisa membantu menjaga kesehatan mata anak yang masih berada dalam kandungan melalui ibu.

Makanan-makanan tersebut mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C, E, zinc, asam lemak omega-3 dan lutein, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anak.

Ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai cara menjaga kesehatan mata anak sejak dalam kandungan, seperti salmon, tuna, lele, dan Pollock. Kesalahan memilih makanan ketika hamil dapat mempengaruhi kesehatan mata anak ketika ia sudah lahir.

3 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Bayi

Setelah anak lahir, cara menjaga kesehatan mata anak tidak berhenti begitu saja. Ibu harus tetap menjaga pola dan menu makan karena asupan utama bayi masih dari ibu. Tetap mengonsumsi makanan yang sama saat hamil bisa menjadi salah satu cara.

Sebisa mungkin, ketika menyusui hindari makan makanan yang mengandung merkuri, seperti ikan hiu, mackerel, ikan cucut atau tilefish. Memilih makana bayi yang sudah mulai makan, juga harus diperhatikan ya, Sahabat Dream.

Selain menjaga kesehatan mata anak dengan makanan yang dikonsumsi, orang tua juga bisa menjaga kesehatan mata dan penglihatan anak dengan terus memperhatikan anak. Tidak hanya kesehatan tubunya saja, tapi juga kesehatan matanya.

Cara mengecek apakan penglihatan anak, terutama yang masih bayi dan balita, adalah dengan memperhatikan kerutan pupil mata. Selain itu, selalu lindungi mata anak ketika berada di luar ruangan, terutama ketika sinar matahari menyengat.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Mata Anak dari Mainannya

Selain cara menjaga kesehatan mata anak di atas, orang tua yang memiliki anak berusia balita, bisa memakai alternatif mainan yang rama bagi mata.

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini banyak orang tua yang membiarkan anak balitanya main gadget. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan mata anak. Untuk menjaganya dari paparan sinar gadget, orang tua bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

-    Menerapkan screentime pada anak dalam konsumsi gadget.
-    Mencarikan alternatif mainan lain yang tak kalah seru, seperti puzzle, balok, clay dan lain sebagainya.
-    Memberikan mainan pada anak yang bisa mendorong perkembangan visual anak.
-    Menjaga jarak pandang anak pada objek ketika bermain.

Empat cara tersebut mungkin bisa membantu orang tua untuk menghindari si kecil dari mainan-mainan yang bisa membahayakan kesehatan mata anak. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak.

Tanpa pengawasan orang tua, anak bisa saja bermain mainan yang sebenarnya kurang aman bagi kesehatan matanya secara berlebihan. Hingga akhirnya anak harus mengidap rabun jauh sejak dini atau penyakit mata lainnya.

5 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Mata Anak dengan Pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan mata anak secara rutin, bisa dijadikan cara menjaga kesehatan mata anak yang mudah dan harus dilakukan. Jangan melakukan pemeriksaan dengan menunggu keluhan anak, namun lakukan sedini mungkin.

Pemeriksaan mata yang dini, bisa mengantisipasi masalah kesehatan mata di kemudian hari. Selain itu, dengan rutin melakukan pemeriksaan, orang tua juga bisa berkonsultasi dengan dokter baik terkait kondisi anak, atau cara menjaga kesehatan mata anak yang sesuai.

Namun apabila anak sudah mengalami beberapa gejala masalah kesehatan mata, jangan diamkan saja atau membuat kesimpulan salah tentang gejala yang dialami anak. Langsung lakukan pemeriksaan ke dokter mata.

Semoga bermanfaat ya, moms!

Join Dream.co.id