10 Cara Mengenalkan Allah pada Anak dengan Kasih Sayang

Ibu Dan Anak | Rabu, 18 September 2019 18:05
10 Cara Mengenalkan Allah pada Anak dengan Kasih Sayang

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kewajiban orangtua untuk mendidik anak dan mengajarkannya soal agama, salah satunya mengenalkan Allah pada anak sejak dini.

Dream- Sebagai umat Islam, sudah kewajiban bagi kita untuk mengenal dan mencintai Allah. Tidak hanya umat muslim yang sudah dewasa saja, tapi juga bagi anak-anak generasi penerus.

Orangtua berkewajiban mendidik anak tentang agama dan mengenalkan mereka pada Allah SWT, sang Maha Pencipta.

Mungkin ada sebagian anak akan bertanya, “ Bagaimana manusia tercipta?”, “ Bagaimana awal kehidupan ini?” dan berbagai pertanyaan krusial lainnya. Pemahaman anak berbeda dengan orang dewasa, sehingga akan sulit untuk menjelaskannya secara detail.

Orangtua bisa memberi penjelasan pada anak secara mudah tanpa harus berbelit-belit. Salah satunya dengan cara mengenalkan Allah pada anak sejak dini. Ketika anak sudah mengenal Allah, pertanyaan tersebut akan mudah dipahami oleh anak.

Berikut 10 cara mengenalkan Allah pada anak sejak dini dengan penuh kasih sayang tanpa ada paksaan.

2 dari 6 halaman

Mulai dari Keluarga

1. Membangun Hubungan Baik dengan Anak
Sebelum mengenalkan Allah pada anak, orangtua harus membangun hubungan yang baik dengan anak terlebih dahulu. Dengan hubungan yang baik, komunikasi antara orangtua anak akan membangun tingkat kepercayaan yang kuat. Sehingga anak akan percaya apa yang kita ajarkan kelak.

Tanpa hubungan yang baik, bagaimana bisa orangtua memberi penjelasan dan mengenalkan Allah pada anak?

 Ilustrasi
© Shutterstock


2. Membangun Lingkungan Muslim yang Sehat
Sekolah pertama anak adalah rumah dan lingkungan sekitarnya, sehingga untuk mengenalkan Allah pada anak dengan cara yang baik, orangtua bisa memulai dengan membangun lingkungan muslim yang sehat, mulai dari rumah.

Apabila dari dalam keluarga sudah terbangun suasana Islam yang kuat dan sehat, maka dengan sendirinya anak akan lebih mudah mengenal Allah.

3 dari 6 halaman

Beribadah Bersama

3. Mengajak Anak ke Masjid untuk Beribadah
Setelah dari pihak internal keluarga sudah terbangun keluarga Islam yang baik, saatnya mengajak anak mengenal Allah dengan mengunjungi Rumah Allah, yaitu masjid. Beri penjelasan pada anak tentang apa yang biasa orang lakukan di masjid dan apa yang seharusnya dilakukan.

Orangtua bisa mulai mengajak anak ke masjid apabila anak sudah bisa diberi pengarahan dan penjelasan.


4. Belajar Alquran

 Ilustrasi
© Shutterstock


Cara mengenalkan Allah pada anak yang paling penting adalah melalui Alquran. Sebagai umat Islam sudah kewajiban kita untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan apa yang ada di Alquran dan hadist. Ajarkan pada anak tentang Alquran, setidaknya mulai dengan mendengarkan bacaan Alquran pada anak.

Selain itu, beri penjelasan tentang hadist yang sederhana pada anak, mulai dari cara berperilaku yang baik, dan anjuran untuk mencintai Allah.

4 dari 6 halaman

Melalui Media Islami

5. Kartun Anak Islami
Anak-anak memang menyukai kartun, dan orangtua bisa memanfaatkan kesukaan mereka ini dengan menunjukkan dan mempertontonkan kartu anak dengan muatan islami pada anak. Temani anak ketika menonton kartun dan beri penjelasan tentang apa yang diceritakan dalam kartun tersebut.

Tak hanya melalui tayangan kartun di televisi saja, orangtua juga bisa membelikan anak buku-buku islami yang berwarna dan menarik minat anak untuk membaca.

 Ilustrasi
© Shutterstock


6. Mengenalkan Media Islam lainnya
Di zaman globalisasi seperti ini, banyak kemudahan untuk memperoleh informasi dari berbagai jenis media. Selain kartun, ada banyak media lain yang bisa digunakan untuk mengenalkan Allah pada Anak, seperti website islami, acara TV dan permainan digital islami. Namun, dalam pengenalan media ini, pendampingan orang tetap dibutuhkan. Batasi pemakaian media pada anak sesuai dengan screentime anak.

5 dari 6 halaman

Ceritakan Kuasa Allah

7. Menceritakan Kisah-kisah Nabi
Ada banyak kisah-kisah nabi bermuatan pesan positif untuk anak dalam belajar mengenal Allah. Misalnya saja kisah Nabi Sulaiman yang menyayangi hewan, Nabi Ismail yang berbakti pada orangtua dan masih banyak lagi lainnya.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Beri penjelasan singkat dan jelas tentang pesan yang termuat dalam kisah tersebut supaya anak lebih paham, dan lebih mencintai Allah setelah mendengar cerita tersebut.


8. Mengajari Anak tentang Perilaku yang Beradab
Selain belajar mengenal Allah dari kisah-kisah nabi, orang tua juga bisa mengajarkan pada anak tentang perilaku sebagai seorang muslim yang beradab. Seperti mengatakan pada anak bahwa Allah selalu mengawasi setiap perbuatan makhluknya, meskipun orang lain tak tahu, dengan begitu anak akan lebih berhati-hati dalam bersikap dan berperilaku.

6 dari 6 halaman

Memberi Contoh

9. Memberi Contoh yang Baik
Cara mengenalkan Allah pada anak yang paling baik adalah dengan contoh nyata dari orangtua. Anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya, jadi memberi contoh yang baik pada anak tentang kecintaan pada Allah akan membuat anak lebih mudah memahami dan meniru.

Misalnya saja memberi contoh anak mulai dari hal kecil, memberi makan hewan peliharaan, karena mereka juga makhluk ciptaan Allah, dan masih banyak contoh lainnya.

 Ilustrasi
© Shutterstock


10. Mendoakan Anak
Setiap manusia yang sudah berusaha pada akhirnya akan berserah diri pada Allah. Setelah semua usaha dilakukan, berdoa jadi cara terakhir. Doa orangtua pada anak akan lebih didengar dan dikabulkan Allah, terlebih kalau doa yang dipanjatkan bermuatan positif.

Niscaya Allah akan mengabulkan apa yang diminta oleh hamba-Nya yang bersyukur. Semoga anak-anak kita menjadi muslim yang taat dan bertakwa. Amin. (mut)

Sumber: Islamqna.com dan Muslim Children’s Books

Join Dream.co.id