Mama Kadang Ingin 'Gigit' Bayi karena Gemas? Ada Penjelasan Ilmiahnya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  24 Februari 2021 12:03

Simak penjelasannya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Melihat bayi dengan pipi tembam, tangan dan kaki yang gendut, mata lebar dan selalu berkedip manja, akan sangat sulit untuk tidak jatuh cinta. Terutama bagi para ibu yang melahirkan anaknya sendiri dan melihat tingkah lucunya setiap hari.

Bagi mereka yang saking gemasnya dengan bayi, kadang muncul hasrat ingin menggigitnya karena gemas. Mengapa demikian? Dikutip Motherly, dorongan ini adalah bagian dari mekanisme ikatan evolusioner dan menandakan emosi positif dan keterikatan yang sehat.

Bisa membantu kita menurunkan tingkat stres dengan melepaskan energi yang terpendam dan beban emosional yang berlebihan. Beberapa penelitian telah memberikan wawasan tentang dasar biologis pengasuhan manusia dan penjelasan neurobiologis mengapa kita merasakan dorongan ini.

Singkatnya, kita terprogram untuk tertarik, merawat, dan " ingin makan atau gigit" apa pun yang terlihat seperti bayi. Para ilmuwan menduga bahwa menganggap bayi sangat gemas memberikan insentif positif, melalui lonjakan dopamin, yang memberikan dorongan motivasi untuk perilaku pengasuhan.

Keterlibatan sistem mesocorticolimbic ini membuktikan dasar biologis untuk pengasuhan manusia dengan memberikan penjelasan neurobiologis mengapa kita merasakan dorongan untuk merawat apa pun yang menyerupai bayi.

 

Selanjutnya : Emosi Positif yang Berlebihan
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :