Efisien dan Modern, Desain Rumah di Gang Kawasan Ciputat

Parenting | Senin, 26 September 2022 16:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Lihat yuk beberapa sudut di rumah compact ini.

Dream -  Lokasi tanah atau rumah yang berada di gang atau jalan kecil, bukan jadi penghalang untuk membuat hunian yang nyaman dan berdesain modern. Sebuah rumah di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

 Garasi© Arsitag/ Saya Studio

Foto: Studio SAYA

Rumah ini, dikutip dari Arsitag, kondisi tanahnya tidak luas dan dikelilingi jalan di semua sisi. Penghuninya merupakan keluarga muda. Rumah dilengkapi 2 kamar tidur, ruang belajar yang nantinya dapat diubah menjadi kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu-ruang makan terbuka, dan dapur berventilasi alami.

 PM House© Saya Studio

Foto: Studio SAYA

Efisien dan Modern, Desain Rumah di Gang Kawasan Ciputat
PM House/ Foto: Studio SAYA
2 dari 7 halaman

Penataan Efisien

Lokasi yang relatif mungil, membuat rumah harus compact (rapat). Rumah yang dirancang Studio Saya ini terdiri dari dua lantai, ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar tidur di lantai atas.

 Pm House© Saya Studio

Foto: Studio SAYA

Terdapat area mungil yang dialokasikan untuk taman agar penghuni bisa menghirup udara segar dan bermain di luar, terutama anak-anak. Tampilan fasad rumah ini begitu modern, dengan lahan depan yang dimanfaatkan sebagai garasi yang muat satu mobil.

 Pm House© Saya Studio

Foto: Studio SAYA

Sumber: Arsitag

3 dari 7 halaman

Inspirasi Penataan Rumah Mezzanine Simpel Fungsional

Dream - Banyak cara untuk menyiasati tempat tinggal di lahan yang kecil agar keseluruhan ruangan bisa terpenuhi. Salah satunya adalah dengan membuat mezzanine.

Mezzanine adalah bagian yang berbentuk seperti balkon tetapi letaknya berada dalam ruangan. Berupa area yang biasanya dibuat dengan material besi dan kayu dan bisa dipasang atau dicopot sesuai kebutuhan.

 Inspirasi Penataan Rumah Mezzanine Simpel Fungsional© MEN

Pada banyak rumah mungil yang berdesain modern, mezzanine ini sering difungsikan jadi kamar tidur. Lantai bawah merupakan area dapur, kamar mandi dan tempat bersantai. Seperti yang diterapkan di rumah pemilik akun Instagram @blogyazid.

 Mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

Lantai mezzanine dibuat dengan material granit. Tingginya dari lantai sekitar 2 meter. Untuk mengaksesnya dibuat tangga kayu berdesain industrial.

 Rumah Mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

4 dari 7 halaman

Area Bawah Ditata Apik

 Rumah Mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

Area bawah diisi dengan dapur dan ruang bersantai. Lokasi dapur, tepat di bawah tempat tidur. Warna yang dipilih adalah hitam putih dan berdesain modern.

 Rumah mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

Untuk ruang santai dilengkapi sofa mungil warna cokelat, meja mungil, dan kursi kayu bermodel simpel. Penataan sangat apik dengan dekorasi dinding yang bernuansa hitam putih.

 Rumah Mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

 

5 dari 7 halaman

Kamar Tidur dan Televisi

Area mezzanine yang difungsikan sebagai kamar tidur juga didekorasi dengan maksimal. Matras cukup lebar dengan lantai bernuansa kayu. Televisi ditempel langsung dinding agar lebih rapi.

 Rumah mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

Sebelumnya area ini hanya diisi dengan sofa bed hitam yang warnanya senada dengan  aksen dekorasi lainnya. Terlihat sangat nyaman bukan?

 Rumah Mezzanine© Instagram @blogyazid

Foto: Instagram @blogyazid

Mungkin bisa jadi inspirasi Sahabat Dream bila ingin membuat area mezzanine di rumah.

6 dari 7 halaman

Kunci Rumah Open Concept Terlihat Rapi dan Estetik

Dream - Umumnya ruangan di dalam rumah dibatasi dengan sekat untuk membedakan fungsi. Sekat yang dibangun bisa berupa tembok, partisi kayu atau pembatas lainnya.

Adanya sekat memang bisa membuat rumah terlihat rapi karena ruangan yang berantakan bisa tertutup dengan baik. Sayangnya, efek yang muncul adalah suasana rumah jadi cenderung terasa lebih sempit.

 Kunci Rumah Open Concept Terlihat Rapi dan Estetik© MEN

Untuk menyiasati hal ini, ada yang bisa dilakukan, yaitu menerapkan open concept. Penataan rumah open concept ini adalah dengan tidak membangun sekat tegas untuk membedakan fungsi tiap ruangan. Seperti yang diterapkan pemilik akun Instagram @enoughomey.

 Rumah open concept© Instagram @enoughomey

Foto: Instagram @enoughomey.

Ia menata rumahnya dengan open concept dan lay out yang sangat menarik. Beberapa trik dibagikannya agar tampilan open concept jadi lebih menarik. Hal pertama adalah memilih furnitur yang tepat.

" Penataan furnitur jadi kekuatan visual untuk menegaskan tiap zona atau ruangan," ungkapnya.

7 dari 7 halaman

Minimalis dan Warna Netral

Kedua, terapkan konsep minimalis agar rumah tak terlalu berantakan. Tumpukan barang di satu satu juga berdampak pada keseluruhan suasana ruangan.

" Seleksi memilih dan menempatkan barang serta rutin decluttering," tulisnya.

 Rumah open concept© Instagram @enoughomey

Foto Instagram @enoughomey.

Ketiga, pilihlah warna-warna netral untuk dekorasi rumah. Warna yang tepat yang membuat kesan lebih lapang.

" Pemilihan warna netral seperti putih dan cokelat yang dominan akan menciptakan ilusi ruangan yang terkesan luas," pesannya.

Join Dream.co.id