Waspadai Rett Syndrome pada Anak Perempuan

Pixabay.com
DO IT YOURSELF  |  16 Juli 2019 10:06

Sudah tahu ada penyakit Rett Syndrome yang bisa menyerang anak? Yuk simak informasinya berikut ini.

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Rett Syndrome

Rett Syndrome merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada anak-anak. Sindrom ini terjadi karena adanya kelainan genetik yang dimana kelainan tersebut mempengaruhi perkembangan otak. Pada umumnya anak terindikasi Rett Syndrome pada saat mereka bayi akan berkembang dan tumbuh baik seperti bayi pada umumnya. Namun, memasuki usia 1-1,5 tahun sang anak akan menunjukkan berbagai gejala dari Rett Syndrome.

Rett Syndrome sering kali di salah artikan dengan autisme, keterlambatan tumbuh kembang ataupun cerebal palsy. Namun, sebenarnya Rett Syndrome sangat berbeda dengan gangguan pada anak lainnya. Sindrom ini disebabkan karena adanya mutase pada kromosom X pada gen MECP2. Sebagian besar mutasi tersebut akan ditemukan di dalam delapan aera otak.

Sindrom ini dapat menyerang siapa saja, dalam semua kelompok etnis dan ras. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sindrom ini akan lebih banyak menyerang pada anak perempuan daripada anak laki-laki. Rasio anak terkena Rett Syndrome adalah 1 : 10.000 kelahiran anak perempuan.

Selanjutnya : Penyebab Rett Syndrome
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terungkap, Ini Harga Cicilan Apartemen Nikita Mirzani
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :