Waspada, Kolesterol Tinggi Juga Menyerang Anak-anak

Tes kolesterol (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  11 November 2019 18:04

Anak-anak sangat mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung dan jantung.

Reporter : Mutia Nugraheni

Darah Tinggi Saat Hamil Bisa Berakibat Fatal, Ini Gejalanya

Dream - Setiap melakukan pemeriksaan kehamilan, tekanan darah ibu hamil harus terus dipantau. Hal ini bukan tanpa alasan, karena jika terindikasi tekanan darah sangat tinggi bisa jadi ada gangguan kehamilan yang dinamakan preeklampsia.

Gangguan tersebut ditandai dengan tekanan darah yang tinggi serta level protein yang tinggi dalam urine. Hal tersebut dapat membahayakan organ-organ lain, seperti ginjal, hati, dan mata.

"Preeklampsia ini mirip dengan penyakit autoimun, di mana ada respons abnormal dari tubuh ibu terhadap jaringan plasenta yang terus tumbuh,” kata Eduardo Raez, MD, seorang dokter obstetri dan ginekologi asal San Antonio, Texas.

Jika tak ditangani dengan tepat, ibu hamil bisa mengalami kejang. Kondisi itu menunjukkan kalau ibu sudah masuk kategori eklampsia. Tekanan darah tinggi disertai kejang pada ibu hamil tentu sangat membahayakan nyawa baik pada ibu maupun janin dalam kandungan.

Waspada 4 gejala

Preeklampsia ini biasanya memiliki gejala khas. Sebagai langkah antisipatif, segera konsultasi dengan dokter secara detail jika Anda mengalami gejala berikut.

1. Masalah penglihatan
Saat hamil, jika mengalami masalah seperti mata kering, melihat kilatan cahaya, penglihatan kabur, bisa jadi gejala preeklampsia.

2. Sakit kepala tak kunjung hilang
Pusing dan sakit kepala memang normal dialami ibu hamil. Tapi jika sakit kepala ini terus-menerus terjadi hingga membuat tubuh lemas, segera minta dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pada ibu yang mengalami preeklampsia cenderung mengalami sakit kepala yang sangat menyiksa. .

3. Nyeri perut
Biasanya ibu hamil menglami nyeri perut bawah ketika kelelahan atau terlalu lama berjalan atau berdiri. Tapi jika nyeri perut muncul di bagian atas atau bawah, dan terjadi kapan saja, bisa jadi pertanda preeklampsia.

4. Kenaikan berat badan sangat cepat
Sangat normal jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Tapi jika kenaikan berat mencapai 1 kilogram per minggu, meski menu dan jumlah makanan sama, segera konsultasikan dengan dokter.

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sepak Terjang Putri Tanjung yang Berhasil Memikat Jokowi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :