Wajib Periksa Level Gula Darah Saat Hamil, Ini Alasannya

Pemeriksaan level gula darah
DO IT YOURSELF  |  20 Maret 2018 08:02

Diabetes saat hamil yang tak tertangani dengan baik bisa menimbulkan sederet komplikasi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Wulan Mayasari, istri kedua dari penyanyi Opick, baru saja mengembuskan napas terakhirnya. Ia meninggal dunia dua bulan setelah janinnya yang berusia 8 bulan mengalami keguguran. Kondisinya terus menurun setelah itu.

Dari keterangan istri pertama Opick, Dian Rositaningrum, Wulan memiliki riwayat diabetes. Kondisi diabetes pada ibu hamil memang tak boleh dianggap sepele. Harus menjalani perawatan intensif bukan hanya pada dokter kandungan tetapi juga berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam.

Dokter Yudhistya, spesialis obstetri dan ginekologi yang praktik di RS Indosehat, Solo, mengungkap kalau ibu hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan gula darah saat usia kandungan 14 dan 28 minggu.

" Diabetes saat hamil perlu diskrining karena tanda-tandanya tidak khas.
Jika mengalami diabetes kehamilan, perlu dirawat bersama dokter penyakit dalam untuk diterapi dengan insulin, menurunkan gula darahnya di kadar normal. Jika kadar gula bisa dijaga normal, hamilnya bisa baik-baik saja," ungkap dr. Yudhis saat dihubungi Dream.co.id.

Dokter yang juga mengembangkan aplikasi DokterChat ini menjelaskan, diabetes saat hamil yang tak tertangani dengan baik bisa menimbulkan sederet komplikasi. Antara lain keguguran, darah tinggi, gangguan mata, gangguan ginjal hingga perdarahan saat melahirkan.

" Kalau bisa sebelum hamil badan jangan gemuk atau obesitas. Bisa meningkatkan risiko diabetes. Apabila memiliki riwayat diabets sebelum hamil, kadar gula harus dikontrol. Skrining gula darah penting dilakukan di usia kehamilan 14 minggu," ujar dr. Yudhis.

Ia juga menekankan untuk berkonsultasi secara intensif baik dengan dokter kandungan maupun dokter penyakit dalam jika memang diketahui level kadar gula darah tinggi saat hamil. Jangan pernah menyepelekan pemeriksaan gula darah saat hamil.

Video Podcast #AninBincangSG - Ramadan in Singapore
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :