Viral Orangtua Protes Guru, Hanya Beri Soal Tanpa Kasih Tutor

Do It Yourself | Kamis, 5 Agustus 2021 10:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin ada yang senasib?

Dream - Belajar online dari rumah sudah berjalan lebih dari satu tahun. Hal ini memang jauh dari ideal tapi terpaksa dilakukan karena pandemi Covid-19. Tantangan yang paling mendasar adalah transfer ilmu dari para guru ke murid.

Kini memang banyak media belajar yang bisa digunakan. Pasalnya tak semua orangtua bisa mendampingi anak belajar karena juga memiliki tanggung jawab lain atau memang tak mengerti dengan pelajaran di sekolah anak-anaknya.

Seperti sebuah video curhatan orangtua yang viral di media soal. Akun Instagram @top_world.idn mengungah video seorang ibu yang protes karena guru anaknya hanya memberikan soal tanpa memberikan penjelasan atau tutorial.

 Protes© Instagram

" Terkhusus bapak ibu guru yang selalu memberikan soal pada muridnya tanpa memberikan tutor atau melalui video youtube. Pak bu, gak semua anak ngerti kalau dijelaskan melalui Youtube, terus njenengan bisa jawab 'apa gunanya orangtua di rumah?', pak bu gak semua orangtua itu ngerti, tidak semua orangtua itu bisa," kata ibu tersebut.

 

Viral Orangtua Protes Guru, Hanya Beri Soal Tanpa Kasih Tutor
Orangtua Protes/ Instagram @top_world.idn
2 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Menurutnya guru bisa bisa membuat video sendiri untuk menjelaskan sebuah materi. Setelah itu video dibagikan di grup anak-anak agar bisa belajar bersama.

      View this post on Instagram

A post shared by top_world.id (@top_world.idn)

"Alangkah baiknya kalau memberikan soal kepada anak jangan lewat Youtube, njenengan bikin video sendiri, dijelaskan, Anda nutor. Videonya di-share ke grup jadi anak mengerti. Jangan Anda memberikan soal tanpa tanpa memberikan tutor atau menjelaskan caranya, terutama pelajaran matematika," kata ibu tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Tuai Pro Kontra

Komentar pun bermunculan. Ada yang setuju tapi ada juga yang tak setuju dengan protes ibu tersebut. Seperti akun @irlianymorintoh yang menulis " benar bu.. biar meet atau zoom cm sebentar dg anak2.itu buat anak2 lebih paham krn bs komunikasi 2 arah" .

Lalu akun @hurinans berkomentar " Ankku malah d ksh tugas halaman sekian kerjain kumpulin tanpa ada penjelasan apa apa ,sama aja ortunya bljar lagi ya kalau ortunya nganggur kalau kerja giman... repot jg kan" .

Sementara akun @muhammadamiin12 menulis " Berlebihan, sebenarnya dijelaskan di YouTube, internet dan guru 11 13 juga malah" . Bagaimana menurut, Sahabat Dream?

4 dari 5 halaman

Ayah Bikin 'Kantin Mini' Biar Anak Jajan Seperti di Sekolah

Dream - Sekolah di rumah secara online dalam situasi pandemi jadi pilihan terbaik bagi keamanan dan kesehatan anak-anak saat ini. Hal ini memang tidak ideal, karena banyak pengalaman sosial dan interaksi yang tak dialami anak-anak.

Salah satunya adalah jajan di kantin, makan bersama teman-teman atau saling berbagi bekal. Termasuk mendapat uang jajan lalu menggunakannya untuk membeli camilan favorit. Ini merupakan bagian yang sangat sangat menyenangkan bagi anak-anak ketika bersekolah.

Seorang ayah asal Malang tak mau anaknya kehilangan pengalaman tersebut. Ia pun membuat kantin sekolah versi rumahan. Disediakan meja yang berisi berbagai jajanan anak sekolah dasar (SD).

Saat anaknya istirahat di sela-sela belajar online, bisa ke meja tersebut untuk jajan. Cerita manis dibagikan akun Twitter @ApriantoDhany.

 

 

5 dari 5 halaman

Tetap Dapat Uang Saku

Rupanya, meski sekolah di rumah si anak tetap dapat uang saku untuk membeli jajanan rumahan tersebut. Bisa juga mendapat jajanan jika membantu pekerjaan rumah tangga atau ketika ia bisa menghafal surah pendek. Wah, bisa dicontoh di rumah, Sahabat Dream

 

Join Dream.co.id