Viral, Video 7 Lapis Irisan Bedah yang Harus Dialami Ibu Saat Operasi Caesar

Do It Yourself | Senin, 22 Juni 2020 10:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Sebuah kain berlapis bisa jadi gambaran apa yang harus dilalui ibu.

Dream - Proses persalinan tiap ibu memiliki risiko masing-masing. Ada kondisi yang sangat berisiko bagi ibu dan janin jika persalinan dilakukan secara pervaginam (normal), sehingga operasi caesar merupakan solusi.

Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan kalau melahirkan caesar, membuat ibu tak menjalani proses persalinan seutuhnya. Padahal risiko medis dan nyawa, jauh lebih tinggi. Termasuk komplikasi dan rasa sakit yang lebih dari persalinan normal.

Sebuah video viral di media sosial menggambarkan persalinan caesar. Video ini dibuat oleh blogger Jesse Franks. Tenang saja, bukan video dokumentasi operasi yang penuh darah.

Jesse membuat tumpukan kain, yang diibaratkan lapisan tubuh ibu. Ia lalu membuka lembar demi lembar kain dengan irisan di bagian tengahnya seperti yang diiris oleh dokter untuk mengambil bayi.

 

Viral, Video 7 Lapis Irisan Bedah yang Harus Dialami Ibu Saat Operasi Caesar
Irisan Caesar (Foto Jesse Franks)
2 dari 4 halaman

Lihat Saja Videonya

Ada 7 lapis yang harus diiris dokter pada tubuh ibu sebelum bayi dikeluarkan. Setelah bayi keluar, dokter lalu menjahit lapisan demi lapisan. Terbayang rasa nyeri dan ngilu yang harus dialami ibu.

3 dari 4 halaman

Cerita Kocak di Balik Foto Viral Ibu yang Tertawa Saat Operasi Caesar

Dream - Menjalani operasi caesar bagi sebagian besar ibu, bakal memunculkan kekhawatiran. Sendirian di dalam ruang operasi, dingin dan mungkin takut.

Beberapa rumah sakit ada yang memperbolehkan suami untuk mendampingi. Seperti sebuah foto yang viral Instagram. Dalam foto tersebut, ada seorang ibu baru saja menjalani operasi caesar.

Ia pun tampak tersenyum lega karena operasi telah berjalan baik. Bayinya juga sudah dalam gendongan perawat.

Rupanya bukan hanya kelegaan setelah melahirkan yang membuatnya tersenyum. Tak jauh dari ranjang operasinya, tampak seorang pria yang jatuh pingsan.

 

4 dari 4 halaman

Suaminya Tak Sadarkan diri

Tim medis tampak membantu pria tersebut. Ternyata, pria itu adalah suami dari ibu yang baru saja melahirkan. Kepanikan di ruang operasi membuatnya sampai tak sadarkan diri.

 Suami pingsan
© Instagram

Jika memang ingin mengajak suami masuk ke ruang persalinan atau operasi, pastikan ia siap mental. Jangan sampai malah pingsan seperti foto yang viral tersebut, ya Sahabat Dream!

Sumber: KidSpot

Join Dream.co.id