Usia Janin Lebih Lama dari Pernikahan? Jangan Buruk Sangka Dulu

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  1 Oktober 2020 14:02

Banyak yang tak tahu kalau metode menghitung usia kehamilan adalan dari hari pertama haid terakhir, bukan dari pertama kali berhubungan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Bagi pasangan pengantin baru, mungkin masih banyak penyesuaian yang harus dilakukan. Belum banyak informasi seputar kesehatan reproduksi dan kehamilan. Saat kehamilan terjadi, penting untuk menggali dan membaca sebanyak mungkin.

Ramai diberitakan seorang pria muda penyanyi dangdut yang baru saja menikah. Rumah tangganya dikabarkan bermasalah karena usia kehamilan istrinya lebih lama dari usia pernikahan. Kecurigaan dan buruk sangka pun muncul karena hal tersebut.

Ternyata masih banyak yang belum tahu kalau salah satu cara untuk menhitung usia kandungan adalah sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Bila perempuan haid terakhir sebelum nikah, tetap dihitung masa kehamilan.

Dikutip dari AloDokter, bila menikah di sekitar waktu pembuahan/ovulasi/keluarnya sel telur, maka kemungkinan bisa langsung hamil. Pada kondisi ini, perhitungan usia kehamilan tetap ditentukan dari hari pertama haid terakhir ibu yang terjadi sebelum pernikahan.

 

 

Selanjutnya : Akurasi Tinggi
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Insiden Menyakitkan Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :