Trik Tandem Menyusui Mona Ratuliu, Bisa Jadi Inspirasi

Do It Yourself | Jumat, 15 Oktober 2021 10:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Penasaran apa trik andalannya?

Dream - Menyusui satu anak sudah jadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Bangun tiap jam saat malam, payudara nyeri, hingga kurang tidur dan tubuh kelelahan. Apalagi menyusui dua anak di waktu yang bersamaan.

Mona Ratuliu, berusaha melakukannya. Ia memang hanya memiliki satu anak yang masih minum air susu ibu (ASI), tapi Mona juga menyusui keponakannya yang baru lahir, Balint. Ibunda Balint meninggal dunia karena Covid-19.

Tak tega keponakannya tak mendapat ASI, Mona pun berusaha membagi waktu dan tenaga untuk mengurus dan menyusui Balint. Akhirnya Mona menyusui Numa, anak bungsunya dan sang keponakan.

 Mona Ratuliu© Instagram

Pertanyaan rupanya banyak datang padanya. Yaitu bagaimana tetap 'waras' menyusui dua anak atau tandem nursing, Mona pun punya jawaban sendiri.

" Gimana sih caranya tetap “ waras” saat mengasuh lebih dari 1 balita? Apalagi pakai menyusui tandem segala. Bingung jawabnya. Hehehe. Sampe browsing. Dan di hampir semua artikel, tips yang paling sering muncul adalah: 1. Istirahat yang cukup, 2 bahagiakan diri sendiri, 3. Sediakan waktu untuk me time," ungkap Mona dalam Instagramnya.

Menurut Mona hal itu bisa dilakukannya karena dukungan suami dan keluarganya. Ia pun memuji sang suami, Indra Brasco yang selalu turun tangan mengasuh anak mereka dan keponakannya.

" Ini tandanya kita musti punya support system. Suami yg bisa diandalkan dan bisa dititipin anak sementara istrinya istirahat sejenak jadi kunci sebenernya," ungkap Mona.

 

 

Trik Tandem Menyusui Mona Ratuliu, Bisa Jadi Inspirasi
Mona Ratuliu/ Foto: Instagram @monaratuliu
2 dari 4 halaman

Curhat Mona Ratuliu Urus 5 Anak Selama Pandemi

Dream – Sudah hampir dua tahun berjalan sejak 2020, pandemi Covid-19 belum juga usai. Setiap orang dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi sulit yang penuh tantangan. Tak terkecuali seorang ibu.

Ibu cenderung selalu ingin memastikan kebahagiaan dalam rumah dan selalu membagikan energi positif. Mona Ratuliu, selebritis dan ibu dari empat anak, menyebutkan bahwa peran ibu di masa pandemi menjadi lebih penting.

“ Semua kebahagiaan rumah bertumpu pada ibu, namanya anak yang dicari bunda lagi bunda lagi,” kata Mona pada acara Bincang Shopee 10.10 Brands Festival: Rahasia Kebahagiaan Ibu & Anak di Tengah Pandemi, Selasa 21 September 2021.

Sebagai ibu yang selalu berada di rumah, Mona tak memungkiri kalau dirinya kerap merasa bosan. Meski demikian Mona berusaha tetap menyebarkan energi positif.

“ Ada rasa jenuh dan bosan dengan aktivitas yang gitu-gitu terus. Tapi menurut aku, penting banget kita sebagai ibu membagikan energi positif. Walaupun di rumah saja, minimal anak-anak bisa tetap bahagia,” ungkap istri dari Indra Brasco ini.

 

3 dari 4 halaman

Level Stres Ibu Meningkat

Menurut Samanta Elsener, seorang psikolog keluarga, situasi pandemi kadang membuat kondisi rumah menjadi terbengkalai. Waktu yang ada tidak dimanfaatkan untuk bonding dengan anak, justru banyak ibu yang kerap memarahi anak karena sudah lelah mengurus rumah.

 Shoppee© Shoppee

Samanta juga membagikan riset pada 2020 yang menyatakan bahwa tingkat stres ibu dan anak naik 95 persen di masa pandemi. Tidak heran, hal ini dikarenakan tugas ibu dua kali lebih berat ketimbang sebelumnya. Ketika anak sekolah, ibu harus meluangkan waktu untuk menjadi guru yang menyenangkan.

“ Tiang penyangga kebahagiaan rumah tangga adalah ibu. Kalau ibunya nggak bahagia, akan berdampak ke seluruh rumah,” kata Samanta pada kesempatan yang sama.

 

4 dari 4 halaman

Level Stres Ibu Meningkat

Selain harus menyisihkan waktu untuk mengawasi dan membimbing anak dalam melakukan aktivitas belajar mengajar dan bermain, seorang ibu juga memiliki tantangan lainnya. Sebagai teladan, teman, pengawas hingga tempat curhat. Hal ini juga dialami Mona.

“ Tantangannya luar biasa, karena ada lima anak yang rentang usiannya jauh-jauh. Pertama, mengelola waktu antara kerja dan mengurus anak. Biasanya cuma menyiapkan sarapan, pulang sekolah snack dan makan malam. Sekarang kita harus jadi temannya,” kata Mona.

Menurut Mona, sesibuk apa pun pastikan ibu selalu berusaha terkoneksi dengan anak. Samanta. mengingatkan untuk melibatkan buah hati dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena itu juga merupakan tanggung jawab mereka. Justru komunikasi bisa berjalan saat saling membantu dan mengerti.

“ Hindari kata awas dan jangan, karena dapat membuat hubungan orang tua dan anak menjadi jauh. Padahal pandemi seharusnya menjaga kedekatan anak, dengan membuat anak berkontribusi misalnya membereskan kamar dan angkat jemuran,” kata Samanta.

Tidak berhenti sampai situ, seorang ibu juga harus menjadi solusi terhadap kebutuhan sang buah hati. Salah satunya berbelanja secara online untuk keperluan anak-anak di Shopee agar lebih praktis.

“ Perintilan anak sekolah kalau beli di luar kan pulangnya harus mandi, jadi aku pelanggan setianya Shopee karena tinggal pencet langsung datang,” kata Mona Ratuliu.

Laporan Angela Mihardja

Join Dream.co.id