Trik Memotret Buah Hati di Rumah, Coba Menangkap Momen

Do It Yourself | Kamis, 18 Februari 2021 16:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Menggunakan kamera yang ada, bahkan kamera ponsel, kita bisa mendapatkan momen-momen terbaik buah hati untuk diabadikan.

Dream – Sesi foto bersama anak-anak selalu seru dan spesial. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, melakukan foto di studio atau menyewa fotografer profesional mungkin bukan pilihan tepat.

Alasan keamanan dan kesehatan jadi pertimbangan utama. Bagaimana kalau melakukan sesi foto sendiri di rumah. Menggunakan kamera yang ada, bahkan kamera ponsel, kita bisa mendapatkan momen-momen terbaik buah hati untuk diabadikan.

Cobalah beberapa trik berikut untuk menangkap momen berharga si kecil.

1. Temukan pencahayaan yang tepat
Pencahayaan menjadi hal utama untuk memotret, lihat cahaya dari mana datang untuk mendapat detail objek yang sempurna. Bila memotret dalam ruangan seperti rumah, cobalah foto dekat jendela agar lebih terang, atau bisa berikan efek bayangan dari jendela.

Sedangkan untuk foto di luar ruangan (outdoor), ini menjadi pilihan tepat kapanpun, terutama pada siang hari. Pencahayaan dari sinar matahari pasti bagus dan terlihat alami. Bila sinar matahari terlalu terang atau menyengat, bisa kamu atur kamer dengan mode Smart HDR, untuk menyesuaikan terang pada hasil potret.

 

Trik Memotret Buah Hati di Rumah, Coba Menangkap Momen
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

2. Pertimbangkan keseluruhan pemandangan

Saat memotret anak perempuan, pertimbangkan apakah harus in frame, atau close up, atau ambil lebih jauh, atau apakah harus dengan mode portrait atau landscape. Jika ingin berfokus pada gerakan perlahan, bisa gunakan mode bokeh, agar subjek anak menjadi lebih menonjol dan latar belakang sekitar akan lebih buram.

Untuk pergerakan cepat, bisa memotret secara candid dan latar belakang menyempurnakan cerita dari hasil foto tersebut. Carilah selalu angle yang tepat pada anak, agar selalu terlihat rupawan di setiap hasil jepretan.

 

3 dari 4 halaman

3. Menangkap emosi

Sangat penting dam menyampaikan cerita dengan perasaan di setiap foto yang ditangkap. Hal ini lebih sering terjadi pada foto-foto candid, misalnya saat anak dengan ayahnya sedang bercandaa saat main game.

Terkadang hal tersebut sulit dilakukan, karena tidak selalu memegang kamera untuk memotret saat itu. Tapi tenang saja, kamu bisa membuat emosi perasaan tersebutt terlihat pada foto, misalnya dengan menyuruh anak memeluk ayah atau ibunya sambil tertawa atau berjalan bergandengan sambil bercengkrama atau juga dengan bermain air bersama.

 

4 dari 4 halaman

4. Bersenang-senang

Mendapat pencahayaan, memilih angle, dan menangkap emosi memang penting, tapi kadang kala semua aturan itu sulit untuk didapatkan bersamaan. Jadi ada kala di mana hal itu tidak perlu dilakukan, cukup potret segala kegiatan anak di manapun dan kapan pun, serta nikmatilah kesenangan yang ada pada saat itu, asal ada foto yang terjepret sudah cukup untuk mengenang masa indah dengan si kecil. Misalnya dengan selfie bersama.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: Parents

Join Dream.co.id