Panduan Mudah Memberikan Makanan Pendamping ASI

Do It Yourself | Rabu, 21 Agustus 2019 14:04

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Untuk bayi yang menginjak usia 6 bulan, MPASI menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan. Berikut tips mudah memberikan MPASI pada bayi

Dream - Bagi bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan, orangtua harus bersiap dengan menu Makanan Pendamping ASI atau MPASI untuk menunjang kebutuhan nutrisi anak.

Nutrisi untuk bayi yang sudah memulai MPASI harus seimbang dan memenuhi kebutuhan gizinya. Makanan untuk bayi bisa juga berasal dari makanan orang dewasa tapi harus disesuaikan porsi, tekstur dan pilihan rasa yang lebih sederhana.

Dalam sehari, sebaiknya disiapkan 3 menu MPASI yang mengandung buah-buahan, sayuran, dan makanan utama dengan nutrisi baik lainnya. Memberi makanan pada bayi memang tak selalu mudah.

Mereka kerap menolak saat disuapi. Terkadang menyembur hingga melepehnya. Untuk mempermudah Sahabat Dream menyiapkan MPASI untuk si kecil, Dream merangkum beberapa cara mudah ini. Yuk, baca selengkapnya.

Panduan Mudah Memberikan Makanan Pendamping ASI
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Tips Memulai Menyuapi Bayi dengan MPASI

Memulai MPASI mungkin tidak mudah. Tips untuk memulainya adalah dengan membuat makanan dengan tekstur yang aman untuk bayi, seperti bubur yang halus dan mudah ditelan bayi.

Setelah bayi bisa menerima tekstur yang halus, lama kelamaan naikkan teksturnya. Jangan takut untuk mengenalkan berbagai macam rasa.

Tips untuk mencoba rasa baru adalah pilih yang aman perhatikan rekasi bayi setelah menerima suapan pertama menu barunya, dan lihat apakah anak alergi dengan menu barunya.

Selanjutnya adalah suapi anak ketika ia merasa benar-benar lapar, sehingga makanan akan dengan lahap disantap sampai habis.

3 dari 6 halaman

Siap Menu Makanan yang Berbeda

Kesulitan dalam menyiapkan menu makanan yang sehat untuk bayi yang baru belajar makan, memang jadi tantangan. Belum lagi masalah bayi yang mudah bosan dan pemilih.

Menu MPASI yang itu-itu saja akan membuat bayi enggan untuk makan. Untuk mengatasi hal tersebut, kita memang harus menjadi kreatif dalam menyiapkan dan menyajikan MPASI bagi bayi. Memilih bahan makanan yang lebih beragam dan mengolahnya menjadi makanan yang menarik bagi bayi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Ada banyak bahan makanan sehat yang bisa digunakan seperti buah-buahan, sayuran, dan bahan alami lainnya. Sebisa mungkin hindari penggunaan gula tambahan dan pemanis buatan lainnya. Untuk anak yang pemilih, bisa berkreasi dengan membuat menu makanan yang berbeda dari bahan yang sama.

4 dari 6 halaman

Menu Sarapan MPASI

Untuk menyiapkan menu MPASI saat sarapan untuk bayi, ada beberapa bahan makanan yang baik untuk digunakan. Tidak hanya mudah didapat, bahan ini juga memiliki nutrisi yang tepat untuk bayi.

-    Oatmeal tanpa pemanis buatan menjadi menu sarapan MPASI yang tepat untuk bayi. Orang tua bisa menambahkan ASI dalam oatmeal, menambahkan jus buah, atau air biasa. Untuk anak yang sudah bisa menelan makanan bertekstur, bisa ditambahkan buah pisang, apel atau buah pir.
-    Pancake yang terbuat dari tepung rendah gula juga bisa dijadikan bahan untuk membuat MPASI bagi bayi. Untuk menambah rasa, tambahkan jus buah alami di atas pancake yang sudah matang.
-    Telur tidak hanya menjadi menu sarapan andalan bagi orang dewasa, tapi juga bagi bayi. Untuk menambah rasa pada telur,  bisa tambahkan sayuran bertekstur lembut yang mudah dicerna bayi.

5 dari 6 halaman

Menu Makan Siang MPASI

Bagi bayi yang baru belajar makan, menu ringan seperti roti, sup dan keju sudah cukup. Berikut menu MPASI yang cocok untuk makan siang bayi:

-    Yogurt yang tawar dengan menambahkannya dengan jus buah, bisa menjadi pilihan untuk menyuapi bayi di siang hari. Selain itu, menu yang satu ini sangat mudah untuk dibuat.
-    Sup dengan sayuran yang lembut dan kuah yang segar tanpa bahan tambahan MSG, ditambahkan dengan rebusan kacang polong yang lembut, dan keju, bisa jadi pilihan menu makan siang yang pas untuk bayi.
-    Makaroni keju, menjadi menu MPASI untuk makan siang selanjutnya yang bisa dicampur dengan sayuran seperti bayam, dan brokoli. Pastikan teksturnya benar-benar halus.

6 dari 6 halaman

Menu Makan Malam MPASI

Tips memilih menu MPASI untuk makan malam bayi ialah memilih menu makanan yang sedikit berat, seperti menu makanan dari kentang, nasi atau daging. Berikut beberapa menu MPASI yang bisa dipilih:
-    Kentang panggang menjadi menu yang direkomendasikan. Selain cara membuatnya yang mudah, menu ini banyak variasi. Bisa ditambah daging, ayam, keju atau sayuran, bahkan ikan.
-    Nasi dengan tambahan sayur yang dilembutkan menjadi pilihan selanjutnya.
-    Lasagna mungkin sedikit sulit untuk dibuat. Menu ini sebenarnya sangat padat gizi, bukan hanya dengan saus daging tapi juga tambahkan sayuran yang telah dilembutkan. (mut)

Sumber: Parents.com

Join Dream.co.id