Tantangan Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  18 Februari 2020 16:03

Demi terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi anak-anak.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kasus perundungan atau bullying hingga kini terus terjadi lingkungan sekolah. Sebagai pencegahan, sebenarnya program Sekolah Ramah Anak sudah digalakkan sejak beberapa tahun lalu oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA)

Menurutnya ada tiga aspek penting untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Hal ini memang tidak mudah dan menemui banyak sekali tantangan.

" Sebenarnya Sekolah Rama Anak indikatornya banyak dan menjadi tugas warga sekolah tidak hanya guru, murid, kepala sekolah, bahkan ke penjaga sekolah pun harus turut serta. Tahapan Sekolah Ramah Anak ada tiga yaitu, mau, mampu dan maju," ujar Lenny N Rosalin, Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di Jakarta, 17 Februari 2020 kemarin

Pada tahapan awal, yakni " MAU" . Ada inisiatif dan keinginan dari sekolah untuk memasang papan " Sekolah Ramah Anak" . Hal ini bisa jadi dorongan bagi seluruh pihak di sekolah untuk menjaga keamanan anak selama di sekolah.

Leny juga menambahkan bahwa fasilitator Sekolah Ramah Anak juga harus aktif, bukan hanya dari sekolah tapi juga lingkungan. Mulai dari kelurahan hingga tingkat nasional untuk memastikan aspek perlindungan dan keamanan bagi anak dilakukan.

" Mekanisme pemgaduan yang ada di sekolah ramah anak pun perlu diadakan. Mungkin ini yang menjadi PR dan akan kita revisi," ungkap Lenny.

Setelah itu kemampuan sekolah untuk menyediakan fasilitas pengawasan. Salah satunya  fasilitas CCTV di ruang kelas.

Hal ini bisa memantau aktivitas anak, termasuk mencegah kasus bullying di sekolah. Dengan adanya CCTV seluruh aktivas di ruang kelas bahkan di sekolah dapat terpantau oleh seluruh warga sekolah.

" Biasanya kan CCTV ada di dalam, yang kita waspadai jika terjadinya di luar pagar sekolah. Tidak terlacak," tambah Lenny.


Laporan Rifani Indrianti

Selanjutnya : Syarat Penting Saat Ingin Sekolahkan Anak Balita
Potensi Penyebaran Covid-19 di Tempat Keramaian
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Tahap-Tahap Pengembangan Vaksin
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :