Tanda Tumbuh Kembang Balita Optimal Berdasarkan Usia

Do It Yourself | Kamis, 4 Maret 2021 08:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Lihat panduannya untuk anak hingga usia 2 tahun.

Dream – Selama pandemi dan di rumah saja, jangan lupa mengembangkan potensi anak yang berusia di bawah lima tahun (balita) dan prasekolah. Salah satu caranya melalui nutrisi dan stimulasi.

Untuk nutrisi, dianjurkan memberi anak lebih banyak protein makanan untuk membentuk stuktur otak. Mengapa harus memberikan banyak protein?

“ Nutrisi adalah makanan yang bergizi terutama untuk toddler adalah lauk protein itu harus lebih banyak, terutama berasal dari hewan misalnya telur, ayam, ikan, ditambah tempe atau tahu, untuk membentuk fungsi otak,” kata Prof. Dr. dr. Soedjatmiko Sp.A (K), M.Si, Konsultan Tumbuh Kembang Anak & Magister Psikologi Perkembangan, pada Konferensi Pers Gerakan 1 Juta Bunda Bangga.

Tidak cukup sampai di situ, anak juga harus diberikan stimulasi secara terus menerus. Stimulasi akan merangsang fungsi-fungsi otak dan organ tubuh lain serta melindungi bagian tersebut dari berbagai penyakit, terutama penyakit infeksi.

 

Tanda Tumbuh Kembang Balita Optimal Berdasarkan Usia
Anak Main Musik/ Shutterstock
2 dari 5 halaman

Jadi Contoh yang Baik

Dokter Miko menjelaskan, stimulasi dilakukan dengan banyak memberikan contoh yang baik kepada anak. Sambil bermain dengan kasih sayang, memberikan pujian atau pun penghargaan.

" Hal yang harus diberikan contoh kepada toddler adalah dengan berbicara yang santun yang sopan dan jelas, menyampaikan pesan dengan jelas, gerak kasar misalnya duduk, berdiri, lari, main sepeda, nari, gerak halus dengan mencoret, menggambar, menulis, memory dengan mengingat nama-nama dan sebagainya,” kata dr. Miko.

Dengan contoh-contoh tersebut akan merangsang berbagai fungsi otak dan merangsang jutaan sel-sel otak sehingga akan mengembangkan pengetahuan, pengalaman serta keterampilan baru. Termasuk dalam mengembangkan kemampuan mengatasi masalah.

Dengan demikian tahapan tumbuh kembang anak di usia toodler dan prasekolah akan menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, percaya diri, dan kreatif. Perkembangannya juga akan mencapai tingkat yang optimal.

 

3 dari 5 halaman

Panduan Penting

Tingkatan optimal tersebut dapat dilihat dari perilaku anak pada umur bulan tertentu. Menurut Dr. Miko anak akan dapat dengan lancar melakukan hal-hal pada usia berikut;

Usia 12 bulan

1. Anak mulai dapat berdiri sendiri
Belajar berdiri selama 30 detik atau berpengangan di kursi setelah berdiri anak akan mulai dapat berjalan tapi masih dituntun.

2. Menggenggam
Anak sudah dapat menjulurkan tangannya untuk menggenggam tangan orang lain atau menggenggam mainan kesukaannya.

3. Berbicara
Anak sudah mulai dapat mengulang menirukan bunyi yang didengarnya, menyebutkan 2 sampai 3 suku kata yang sama tanpa arti.

4. Ingin tahu
Anak akan mengeksplorasi sekitarnya, ingin menyentuh apa saja yang ada di dekatnya. Selain itu juga mulai mengenali anggota keluarga yang ada dalam lingkungannya serta bereaksi terhadap suara disekitar.

 

4 dari 5 halaman

Usia 18 bulan

1. Berdiri sendiri tanpa harus dipegang oleh orang lain

2. Sudah dapat merunduk untuk mengambil mainannya, kemudian berdiri kembali

3. Berkata atau mengucap dengan lebih jelas, misalnya ‘mama’, atau ‘papa’

4. Menumpuk dan memasukan kubus ke dalam suatu wadah

5. Menunjukan apa yang diinginkannya dengan menangis atau merengek, mengeluarkan suara yang menunjukan senang, memperlihatkan rasa cemburu dan menarik lengan ibu



5 dari 5 halaman

Usia 2 tahun

1. Lebih lancar dan lama berdiri sendiri tanpa perlu dipegang

2. Berjalan sudah semakin mantap

3. Menumpuk balok bisa lebih banyak dari sebelumnya

4. Memungut mainan hanya dengan dua jari, ibu jari dan jempol

5. Menggelindingkan bola ke tepat sasaran

6. Menyebutkan 3 sampai 4 kata yang memiliki arti

7. Memegang botol dot sendiri, belajar makan sendiri dan minum sendiri, serta mulai dapat membantu menirukan pekerjaan ibu

Laporan Josephine Widya

Join Dream.co.id