Tanda Suntikan KB Tiap 3 Bulan Ternyata Tak Cocok, Sudah Tahu?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  11 Februari 2021 14:04

Alat kontrasepsi ini dapat mencegah kehamilan sampai 99 persen efektivitasnya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream – Kondisi pandemi membuat banyak pasangan memutuskan untuk menunda kehamilan. Salah satu kontrasepsi yang kerap jadi andalan adalah suntikan yang diberikan tiap 3 bulan.

Untuk mendapatkannya, para ibu bisa datang ke bidan atau puskesmas yang memberikan layanan kontrasepsi suntik. Alat kontrasepsi ini dapat mencegah kehamilan sampai 99 persen efektivitasnya.

Dikutip dari Sehatq, hormon progestin yang terkandung dalam KB suntik berfungsi untuk menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim dan mengentalkan cairan sekitar serviks. Hal ini membantu mencegah sperma melakukan pembuahan.

Sayangnya, tak semua ibu cocok untuk menggunakan kontrasepsi suntik. KB suntik pada umumnya tidak bermasalah, namun bagi sebagian ibu mungkin kurang cocok dengan jenis KB ini. Untuk menerima KB suntik ternyata ada kriteria khusus, apa saja?

- Tidak memiliki penyakit jantung, diabetes

- Tidak pernah mengalami serangan jantung atau stroke

- Tidak sedang menjalani pengobatan kanker payudara

- Tidak memiliki penyakit hati yang parah

- Tidak sedang mengalami pendarahan vagina

Bila seorang ibu memiliki salah satu penyakit di atas, sebaiknya pergilah ke dokter spesialis kehamilan untuk meminta saran terbaik mengenai hal apa yang sebaiknya dilakukan. Mungkin bisa dengan jenis KB lainnya, seperti pil KB atau KB implan. Ketidakcocokan tersebut akan memunculkan gejala atau tanda-tanda kemunculan efek samping, dari ringan hingga parah.

 

Selanjutnya : Efek Samping KB Suntik
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :