Tak Perlu Ragu Ajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Bayi

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  6 Februari 2019 16:06

Ternyata berdampak signifikan terhadap perkembangan otaknya.

Reporter :

Dream - Kemampuan berbahasa asing jadi modal yang sangat berharga bagi anak. Apalagi, anak cenderung lebih cepat dan mudah mempelajari bahasa baru. Jangan ragu untuk menerapkan komunikasi dengan dua bahasa di rumah, bahkan saat anak masih bayi.

Penelitian yang baru-baru ini dipublikasi dalam Journal Developmental Science mengungkap, bayi usia enam bulan bisa mendapat manfaat dari paparan bahasa kedua di rumah, bahkan sebelum mereka dapat berbicara,

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Fakultas Kesehatan Universitas York, Kanada memeriksa data dari dua penelitian sebelumnya.

" Dengan mempelajari bayi, yang belum berbicara bahasa apa pun - kami menemukan bahwa perbedaan nyata antara individu satu bahasa dan dua bahasa di kemudian hari bukanlah dalam bahasa itu sendiri, melainkan dalam sistem perhatian yang digunakan untuk fokus pada bahasa," Bialystok, salah satu penulis senior penelitian, seperti dikutip dari KidSpot.

Studi ini memberi tahu kita bahwa dari tahap perkembangan paling awal, jaringan yang menjadi dasar untuk mengembangkan perhatian terbentuk secara berbeda pada bayi yang dibesarkan dalam lingkungan dua bahasa. Mengapa itu penting? Itu karena perhatian adalah dasar untuk semua pengartian.

Para peneliti menyimpulkan bahwa informasi bahasa dan visual dapat mempengaruhi seberapa baik sistem perhatian bayi berkembang. Itulah area di otak yang memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah yang sulit.

Singkatnya, dengan diekspos ke bahasa kedua pada usia enam bulan, otak bayi Anda bisa mendapatkan latihan yang cukup optimal dan sangat menguntungkan bagi mereka di masa depan.

DEBAT CAPRES: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, serta Industri Sesi 5
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
DEBAT CAPRES: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, serta Industri Sesi 6
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :