Tak Perlu Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah

ASI perah (Foto: Shuterstock)
DO IT YOURSELF  |  19 Agustus 2020 08:04

Darah dapat muncul dalam ASI karena berbagai alasan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Mastitis

Mastitis adalah infeksi payudara, yang menyebabkan perdarahan. Banyak benjolan yang mengembang mengindikasikan mastitis tahap awal.
Jika menderita mastitis, ibu juga akan merasakan pembengkakan dan rasa sakit pada payudara, termasuk nyeri dan demam. Kondisi ini harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Bila muncul darah di ASI tak perlu menghentikan menyusui. Selama bayi tidak muntah dan menyusu dengan baik, ibu tetap aman menyusui. Pertimbangkan untuk konsultasi dengan konselor laktasi agar bayi bisa menyusu dengan posisi yang baik dan tidak membuat payudara berdarah.

Infeksi seperti mastitis memerlukan antibiotik. Jika tidak diobati dengan benar, ada kemungkinan penutupan saluran susu. Dalam kondisi ini, intervensi medis sangat dibutuhkan.

Jika terasa menyakitkan saat menyusui, berikan waktu untuk puting melewati pemulihan sembuh. Gunakan bantalan payudara hidrogel yang menenangkan atau krim yang aman digunakan. Untuk menjaga persediaan ASI, teruslah memompa (delapan hingga sepuluh kali sehari).

Sumber: MomJunction

Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Atta Halilintar Tersandung Ucapan Soal Suami
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :