Tak Perlu Kaget Saat Hamil Emosi Naik Turun, Ketahui Faktanya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  4 Februari 2020 12:02

Biasanya, mood swing terjadi di trimester pertama kehamilan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sesaat setelah tahu ada bayi di dalam rahim, ibu akan sangat senang. Setelah itu biasanya perasaan akan dipenuhi dengan kekhawatiran. Hasrat ingin melindungi bayi begitu besar, belum lagi soal kesiapan mental.

Kondisi psikologis bakal berubah drastis. Jangan kaget jika ibu mengalami perubahan emosi secara cepat atau mood swing. Perubahan suasana hati sering terjadi selama kehamilan.

Menjadi bahagia satu menit dan tiba tiba menangis adalah perubahan suasana hati. Mengapa demikian? Dikutip dari Firstcry, ibu tak perlu khawatir, karena hal tersebut sangat normal.

Seperti serangan lapar di malam hari, perubahan emosi ibu saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormon secara signifikan yaitu peningkatan kadar progesteron dan estrogen

Tak hanya itu, ketidaknyamanan yang disebabkan karena kondisi kesehatan seperti mulas, sering buang air kecil dan kelelahan juga membuat ibu tak nyaman. Hal ini membuat ibu mengalami perubahan emosi dan fisik.

Biasanya, mood swing terjadi di trimester pertama kehamilan. Beberapa ibu juga mengalaminya sepanjang kehamilan. Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id.

Selanjutnya : 5 Efek Samping Stres Ibu pada Janin, Sering Tak Disadari
Dream Ngobras "MENGHAPUS STIGMA NEGATIF COVID-19"
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dream Ngobras "MENGHAPUS STIGMA NEGATIF COVID-19"
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :