Tak Hanya Covid-19, Ini Penyakit Menular Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Do It Yourself | Rabu, 7 Juli 2021 08:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Ibu hamil harus lebih ekstra menjaga kebersihan dan kesehatan.

Dream - Menjalani kehamilan dalam situasi pandemi memang harus ekstra dalam hal menjaga kesehatan diri sendiri dan janin. Selalu ada risiko terpapar virus Covid-19, bahkan saat ibu hamil di rumah saja karena bisa saja tertular dari keluarga.

Sebenarnya tak hanya Covid-19 yang merupakan penyakit menular dan berbahaya bagi ibu hamil. Ada beberapa penyakit menular yang juga harus diwaspadai.

“ Ada beberapa infeksi menular yang bisa saja menyerang ibu hamil jika tidak menjaga kesehatannya dengan baik, di antaranya cacar air, herpes genital, hepatitis, maupun infeksi yang memang ditularkan dari binatang,” kata dr. Sepriani Timurtini Limbong, dikutip dari KlikDokter.

Apa saja penyakit tersebut? Berikut daftarnya, pastikan ibu hamil menjaga kesehatan dan kebersihan dengan eskstra.

1. Herpes Genital
Merupakan penyakit yang menular dan bisa menginfeksi pria maupun wanita. Kondisi ini menyebabkan luka melepuh pada area kelamin yang tentunya menimbulkan rasa sakit.
Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks. Biasanya, penyakit ini akan ditularkan melalui pasangan yang sebelumnya sudah pernah terinfeksi.

Jika tidak ditangani dengan benar, maka herpes genital bisa membahayakan kesehatan janin. Dalam kasus paling buruk, penyakit ini bisa menyebabkan keguguran atau menularkan herpes kepada bayi yang dikandung.

 

Tak Hanya Covid-19, Ini Penyakit Menular Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Ibu Hamil
2 dari 3 halaman

2. Hepatitis B

Virus hepatitis B bisa menular kepada ibu hamil dengan sangat cepat.Hepatitis B sendiri merupakan peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B.
Gejala hepatitis B umumnya bisa hilang dengan sendirinya. Virus hepatitis B bisa menyerang bayi di dalam kandungan dan membuat sejumlah komplikasi serius, seperti pecah ketuban dan plasenta lepas sebelum waktunya.

 

3 dari 3 halaman

3. Cacar Air

Cacar air dikenal sebagai penyakit menular yang umumnya terjadi pada anak. Sebenarnya siapa pun rentan mengalami penyakit ini termasuk ibu hamil. Cacar air bisa menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan pada janin, contohnya sindrom varicella kongenital.

Sindrom varicella kongenital merupakan kondisi ketika muncul infeksi pencernaan, kelainan pada tulang atau otot, dan risiko kelumpuhan pada janin. Dalam kasus terburuk, sindrom ini bisa menyebabkan keterbelakangan mental pada bayi.

4. Cytomegalovirus
Cytomegalovirus merupakan virus herpes yang juga bertahan di dalam tubuh untuk jangka waktu lama. Virus ini bisa menular melalui cairan pada tubuh, termasuk air ludah, air susu, air mani, dan sebagainya. Pada ibu hamil, cytomegalovirus bisa menyebabkan beberapa gangguan pada janin, termasuk tuli hingga buta.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Join Dream.co.id