Tak Hanya Anemia, Hipertensi juga Mengintai Ibu Hamil

Hipertensi pada ibu hamil (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  20 Februari 2020 15:21

"Amat sangat mungkin hipertensi menyebabkan pertumbuhan yang kurang sempurna bagi janin".

Reporter : Cynthia Amanda Male

Dream - Maraknya isu stunting membuat banyak orang perhatian pada salah satu penyakit yang menjadi penyebabnya, yaitu anemia.

Calon ibu dihimbau untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa meningkatkan zat besi agar tidak terkena anemia atau hipotensi.

Selain itu, ibu hamil juga rentan hipertensi. Kondisi ini disebut dengan preeklamsia atau hipertensi gestasional. Berbeda dengan kurang darah, hipertensi pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormonal.

" Hipertensi pada wanita hamil biasa disebut preeklamsi atau gestasional. Biasanya, disebabkan oleh perubahan hormon atau ada antigen yang diproduksi janin dan tidak cocok dengan ibu. Akhirnya, timbul hipertensi," ungkap Amanda Tiksnadi, Spesialis Saraf dalam acara 14th Scientific Meeting Indonesian Society of Hypertension (InaSH) 2020 di Jakarta Pusat, Kamis 20 Februari 2020.

 Hipertensi pada wanita hamil

Dampaknya lebih berbahaya daripada stunting. Hipertensi pada ibu hamil dapat menyebabkan kejang, bayi lahir prematur, gawat janin hingga meninggal.

" Amat sangat mungkin hipertensi menyebabkan pertumbuhan yang kurang sempurna bagi janin. Hipertensi bisa membuat bayi harus dilahirkan lebih dulu. Kemudian, prematurnya yang akan menimbulkan masalah lebih lanjut," jelasnya.

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil harus istirahat total dari kegiatan apapun serta mengonsumsi obat-obatan yang tidak terlalu mengganggu reaksi janin.

 Kehamilan

Sedangkan pencegahannya bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat dan teratur serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam.

Tak lupa, ibu hamil juga disarankan untuk mengecek tekanan darah 2 kali masing-masing di pagi dan malam hari.

IEL University Super Series 2021 | STMIK Pontianak - Road To IEL
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
IEL University Super Series 2021 | STMIK Pontianak - Road To IEL
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :