Tak Boleh Asal Saat Steril Botol Susu Si Kecil, Simak Langkahnya

Cuci botol susu/ foto: shutterstock
DO IT YOURSELF  |  21 Desember 2020 12:03

Pastikan kondisi botol benar-benar bersih sebelum digunakan buah hati.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Tak semua ibu bisa menyusui langsung bayinya, air susu ibu (ASI) bisa diberikan lewat banyak media. Botol susu jadi pilihan praktis. Begitu pun para ibu yang tak bisa memberi ASI, susu formula dalam botol bisa jadi alternatif.

Bila Sahabat Dream termasuk ibu yang selalu mengandalkan botol untuk memberikan susu pada si kecil, pastikan aspek kebersihannya. Sterilitas botol susu harus selalu dijaga, jangan sampai botol susu yang tak bersih memicu masalah kesehatan.

" Bayi, terutama yang baru lahir cukup rentan terhadap penyakit dan infeksi karena imunitasnya belum berkembang dengan baik dan botol yang terkontaminasi berpotensi menimbulkan banyak penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa peralatan makan bebas dari mikroba," kata Divya Diwaker, seorang ahli nutrisi, dikutip dari MomJunction.

Divya memperingatkan para orangtua dan pengasuh bayi, harus ekstra detail saat membersihkan botol bayi. Pastikan melakukan hal-hal berikut:

1. Gunakan air bersih
Air dari kran sangat mungkin mengandung kontaminan, yang berarti dapat meninggalkan lapisan sisa garam di dalam botol dan peralatan lainnya. Oleh karena itu, gunakan air yang telah disaring untuk sterilisasi. Meskipun menggunakan alat pensteril uap, lebih baik menggunakan air yang telah difilter untuk memastikan perlindungan yang optimal

 

Selanjutnya : Bersihkan Seluruh Bagian
Ini Aturan Baru Berwisata Di Candi Borobudur, Prambanan, Dan Ratu Boko
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Wisatawan Nusantara Mampu Pulihkan Pariwisata Terdampak Pandemi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :