Sulit Hamil Anak Kedua? Jangan Ragu untuk Konsultasi

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  24 September 2020 14:02

Ketidaksuburan ini termasuk umum terjadi. Terutama pada ibu yang berusia di akhir 30an atau 40an.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Hamil anak pertama begitu mudah, tak banyak usaha yang harus dilakukan. Lalu berencana untuk memiliki anak kedua tapi kehamilan tak kunjung terjadi? Kondisi ini bisa mengindikasikan adanya masalah infertilitas sekunder.

Infertilitas sekunder adalah ketidakmampuan untuk hamil atau hamil setelah ibu melahirkan anak pertama. Ketidaksuburan ini termasuk umum terjadi. Terutama pada ibu yang berusia di akhir 30an atau 40an.

Apa penyebab infertilitas sekunder?
Banyak faktor yang menyebabkan sulitnya hamil untuk kedua kalinya. Salah satunya adalah terkait dengan komplikasi yang terjadi pada kehamilan atau persalinan sebelumnya, seperti jaringan parut rahim atau kerusakan pada saluran tuba.

Pemicu paling umum infertilitas sekunder adalah disebabkan oleh faktor yang sama yang akan menyebabkan infertilitas primer. Yaitu masalah usia, obesitas dan ovulasi. Bila memang ingin menjalankan program kehamilan anak kedua bisa dimulai dengan melihat kembali siklus menstruasi, cari tahu puncak kesuburan dengan tes ovulasi rumahan.

Perbaiki juga pola makan sehari-hari. Jika kebiasaan makan berubah banyak, atau jadi lebih buruk dan bobot tubuh meningkat drastis, segara ubah. Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein, asam folat, sayur dan buah. Hindari makanan tinggi pengawet, kurangi konsumsi kafein dan hindari rokok.

 

Selanjutnya : Kapan harus konsultasi dokter kandungan?
Mengenal Vaksin Covid-19
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Protokol Kesehatan Tetap Harus Dipatuhi Meski Vaksin Sudah Resmi Edar
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :