Sudah Cukupi Kebutuhan Kalsium Saat Hamil?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  31 Mei 2019 10:05

Pastikan asupan harian memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

Reporter :

Dream - Salah satu asupan penting yang harus dipenuhi saat hamil adalah kalsium. Kebutuhan ibu hamil akan kalsium meningkat pada trimester ketiga, ketika kerangka bayi berkembang pesat.

" Kerangka janin akan mendapatkan apa yang dibutuhkannya, tidak peduli dari mana termasuk mengambil kalsium dari tubuh ibunya," kata Murray Favus, MD, direktur program kesehatan tulang dan profesor kedokteran di University of Chicago.

Ibu hamil pun akan merasa tubuhnya butuh asupan kalsium lebih di trimester ketiga. Biasanya, muncul keinginan untuk mengosumsi makanan berkalsium tinggi seperti keju, susu atau yogurt.

" Tubuh wanita dapat merasakan peningkatan kebutuhan janin dan bakal menghasilkan lebih banyak vitamin D. Hal ini memungkinkan wanita hamil dan ibu menyusui untuk menyerap lebih banyak kalsium yang ada dalam makanan mereka," kata Ruth Frechman, seorang pakar gizi.

Penting bagi ibu hamil memenuhi asupan harian dengan makanan dan minuman kaya kalsium. Jika dirasa kebutuhan kalsium kurang terpenuhi dari asupan harian, tak ada salah untuk mengonsumsi suplemen.

Tapi pastikan konsultasikan dulu dengan dokter kandung, suplemen yang tepat serta dosisnya. Faktanya menurut penelitian ibu hamil yang mengonsumsi suplemen kalsium pada trimester kedua dan ketiga memiliki kandungan mineral tulang yang meningkat 15 persen. Bukan hanya baik untuk janin, tapi juga untuk kebutuhan tulang ibu.

Sumber: Parents

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lika-liku Perjalanan Cinta Roger Danuarta dan Cut Meyriska
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :