Siap-siap Ibu Hamil, Tanda yang Muncul Saat Bukaan Jelang Persalinan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  22 Februari 2021 10:03

Pembukaan dalam persalinan adalah sebuah proses terjadinya pembukaan pada leher rahim (serviks) yang dihitung per sentimeter sebagai jalur lahir bayi.

Reporter : Mutia Nugraheni

2. Keluar lendir bercampur darah

Tanda khas pembukaan saat melahirkan lainnya adalah adanya lendir bercampur darah. Kondisi ini disebabkan oleh adanya robekan pada dinding mulut rahim karena tekanan dari janin yang mencari jalan keluar.

3. Pecah Air Ketuban
Keluhan air ketuban yang keluar terus-menerus dari jalan lahir menandakan ibu sudah siap untuk melahirkan. Ibu perlu segera dibawa ke fasilitas kesehatan.

4. Tahapan Pembukaan
Apabila lendir darah semakin banyak disertai kontraksi yang kuat dan teratur, mulut rahim akan menjadi lembek. Pembukaan akan semakin melebar dan siap untuk menjadi jalan lahir bagi janin.

Dimulai dari pembukaan satu di mana mulut rahim mengalami pembukaan sebesar 1 cm. Ibu akan merasa mulas dan nyeri di area punggung dan pinggang, serta keluarnya lendir bercampur darah. Kontraksi bisa terjadi selama 2-6 jam.

Berlanjut pembukaan dua saat mulut rahim sudah membuka selebar 2 cm, hingga bukaan 10 atau bukaan sempurna. Rahim sudah terbuka 10 cm dan air ketuban semakin mengalir.
Dokter sudah mulai membimbing ibu untuk mengejan. Selengkapnya baca di sini. 

 

 

 

 

Selanjutnya : Persalinan Normal Juga Punya Risiko Komplikasi, Sudah Tahu?
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :