Siap-siap, Hadapi Masalah Kulit Setelah Melahirkan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  22 Februari 2019 08:09

Dibutuhkan perawatan tambahan untuk menjaga kondisi kulit agar tak semakin parah.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Banyak para ibu yang kaget dengan kondisi kulit pasca persalinan. Perubahan hormon secara drastis salah satu efeknya adalah memicu masalah kulit. Hormonibu kini jadi merangsang tubuh untuk memproduksi ASI secara optimal.

Hal tersebut pada beberapa ibu membuat masalah kulit seperti jerawat dan kulit kering hingga mengelupas. Dibutuhkan perawatan tambahan untuk menjaga kondisi kulit agar tak semakin parah. Lakukan saja hal-hal berikut pada kulit yang bermasalah setelah melahirkan.

- Muncul jerawat
Penyebab jerawat tumbuh banyak setelah melahirkan adalah meningkatnya hormon progesteron dan estrogen. Hal ini merangsang produksi minyak berlebih pada kulit dan memicu jerawat. Bukan hanya di wajah tapi juga di punggung dan leher.

Jerawat ini cenderung tak terlalu tapi menyebar cukup banyak. Mungkin ada yang sampai kemerahan dan perih. Untuk mengatasinya bisa menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide, clindamycin atau glycolic acid.

Konsultasikan juga dengan dokter obat yang aman untuk ibu menyusui. Selalu bersihkan wajah secara teratur dan gunakan pelembap yang ringan.

- Kulit kering mengelupas
Perubahan hormon dapat menggerogoti lapisan lipid kulit selama dan setelah kehamilan. Hal ini menyebabkan kulit wajah semacam pecah-pecah mengelupas. Teksturnya menjadi agak kasar dan kemerahan terutama di bagian pipi, hidung dan mulut.

Kondisi ini sebenarnya tak akan berlangsung lama. Pastikan selalu menggunakan pelembap wajah. Untuk sabun pembersih, cari yang formulanya ringan. Jika keluar rumah wajib mengenakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30. Perbanyak juga minum air putih dan konsumsi buah kaya air.

Sumber: Todays Parent

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :