Sering Tak Disadari, Penyebab Anak Kesulitan Buang Air Besar

Anak sakit perut
DO IT YOURSELF  |  17 Mei 2021 12:00

Orangtua harus waspada jika anak mengalami hal berikut.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Salah satu masalah pencernaan yang sering dialami anak-anak adalah sulit buang air besar. Biasanya saat buang air besar anak merasa enggan atau kesakitan, beberapa bahkan sampai berdarah.

Kotoran yang keluar begitu keras dan kering. Bila hal ini terjadi anak kerap menangis karena kesakitan. Mungkin ayah bunda bingung mengapa si kecil mengalami kesulitan buang air besar. Ternyata bisa jadi ini sebabnya.

1. Menahan buang air besar
Buang air besar yang menyakitkan yang disebabkan oleh tinja yang besar dan keras juga dapat menyebabkan menahan buang air besar. Jika buang air besar terasa sakit, anak mungkin mencoba untuk menghindari terulangnya pengalaman yang menyusahkan tersebut.

2. Toilet training
Jika memulai toilet training terlalu cepat, anak mungkin akan memberontak dan menahan buang air besar. Jika pelatihan toilet dipaksa dan anak tidak nyaman, ia dapat mengabaikan dorongan untuk buang air besar dan dapat dengan cepat menjadi kebiasaan tidak disengaja yang sulit diubah.

3. Perubahan pola makan
Buah dan sayuran kaya serat yang tidak mencukupi atau cairan dalam makanan anak dapat menyebabkan sembelit. Waktu umum bagi anak-anak untuk mengalami sembelit adalah ketika mereka beralih dari susu ke makanan padat.

4. Perubahan rutinitas
Setiap perubahan dalam rutinitas anak, seperti perjalanan, cuaca panas. lingkungan dapat memengaruhi fungsi usus. Anak-anak juga lebih mungkin mengalami sembelit saat mereka pertama kali mulai bersekolah.

Sumber: Fimela

Selanjutnya : Sakit Perut dan Diare, Bisa Jadi Gejala Covid-19 Pada Anak
BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :