Sering Tak Disadari, 5 Gejala Ketidaksuburan Pria

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  26 Januari 2021 08:03

Faktanya, pria juga menyumbang masalah kesuburan sebesar 50%.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Masalah ketidaksuburan jadi topik yang sangat sensitif, tapi perlu dibahas oleh pasangan yang sedang berusaha mendapatkan keturunan. Selama ini, para calon ibu yang difokuskan dalam hal penanganan kesuburan.

Faktanya, pria juga menyumbang masalah kesuburan sebesar 50%. Sebenarnya ada gejala tertentu ketika seorang pria mengalami masalah kesuburan. Kondisi ini seringkali tak disadari hingga dilakukan pemeriksaan medis secara mendetail.

Apa saja gejalanya?

1. Nyeri atau Bengkak di Testis
Mungkin ada banyak penjelasan berbeda dalam hal penyebab pembengkakan dan nyeri di daerah testis. Rasa sakit mungkin ada di satu tempat atau di daerah yang lebih umum. Apa pun kasusnya, penting bagi pria yang mengalami gejala ini untuk mencari perhatian medis.

Beberapa dari kondisi berikut ini dianggap sebagai keadaan darurat medis dan lebih baik memastikan bahwa daripada berasumsi. Penyebab umum pembengkakan testis meliputi:

- Torsi testis: Ini adalah kondisi di mana testis telah berputar di dalam skrotum. Ketika ini terjadi, itu menyebabkan gangguan aliran darah ke testis. Tanpa suplai darah, testis bisa mengalami kegagalan di jaringan.

- Epididimitis (infeksi testis): Dalam kebanyakan kasus, pria mengalami epididimitis dari infeksi bakteri. Hal ini dapat terjadi pada semua usia tetapi paling sering terjadi antara usia 20 dan 39. Infeksi dapat menyebabkan demam atau keluarnya darah dalam urin. Sebuah tabung padat, yang disebut epididimis, terletak di permukaan belakang setiap testis dan bisa meradang yang juga bisa menjadi penyebab pembengkakan pada testis.

- Hidrokel: Ini adalah penumpukan cairan di sekitar testis yang biasanya disebabkan oleh peradangan atau cedera pada skrotum. Biasanya tidak berbahaya atau menyakitkan dan tidak boleh menghalangi kemampuan pria untuk membuahi. Ini bisa menjadi penyebab pembengkakan.

 

Selanjutnya : 2. Hasrat seksual menurun
Platform Digitalisasi Ketersediaan Tempat Tidur untuk ICU dan Ruang Isolasi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Program Pemerintah Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Di Sektor Pariwisata
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :