Selalu Mual Saat Menyusui, Redakan dengan Cara Ini

Do It Yourself | Kamis, 9 Juli 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Mual yang terjadi saat menyusui bisa jadi berkaitan erat dengan pelepasan oksitosin.

Dream - Rasa mual biasanya muncul di awal kehamilan. Rupanya, pada beberapa ibu mual juga dirasakan saat menyusui. Mungkin ibu juga mengalaminya? Jangan khawatir jika terasa mual saat menyusui.

Dikutip dari MomJunction, menyusui tidak secara langsung menyebabkan mual. Tetapi berbagai faktor yang berhubungan dengan menyusui mungkin memicu keluhan tersebut. Antara lain perubahan gaya hidup dan perubahan hormon.

Mual yang terjadi saat menyusui bisa jadi berkaitan erat dengan pelepasan oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan refleks pengeluaran susu dan juga membantu kerja sistem pencernaan lebih efisien serta berhubungan dengan hormon usus lain yang dapat menyebabkan mual.

Menurut Dr. Ruth Lawrence, seorang ahli laktasi, mual pada ibu menyusui selain karena hormon bisa jadi karena gula darah rendah. Disertai rasa sakit kepala dan lapar yang kemudian terasa mual. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan mual saat menyusui. Apa saja?

 

Selalu Mual Saat Menyusui, Redakan dengan Cara Ini
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Pereda Mual

1. Teh jahe
Teh jahe mungkin bisa membantu mengurangi mual. Selain itu, jahe juga terbukti bersifat " galactagogue," yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Rasa hangat dari jahe bisa sedikit meredakan mual.

2. Peppermint
Ibu juga bisa mengonsumsi permen peppermint. Minum teh jenis peppermint diketahui bisa membantu meredakan mual. Pastikan saja mengonsumsinya dengan cukup dan tidak berlebihan.

3. Esensial oil
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencium aroma minyak esensial seperti lemon, spearmint, lavender dan aroma lainnya. Perbanyak juga minum air putih hangat dan makan dengan bergizi demi meredakan mual.

3 dari 4 halaman

Ada Konsultasi Menyusui Gratis Selama Pandemi Covid-19

Dream - Masa awal menyusui membutuhkan banyak penyesuaian, baik bagi ibu maupun bayi. Sederet masalah kerap muncul, seperti puting lecet hingga berdarah, bayi selalu rewel saat menyusu, ibu mengalami nyeri punggung dan masih banyak lagi.

Penting bagi ibu untuk mencari bantuan dengan berkonsultasi dengan konselor laktasi. Biasanya, di rumah sakit atau klinik ibu dan anak, terdapat konselor laktasi bersertifikat.

Sayangnya dalam situasi pandemi seperti sekarang, ibu dan bayi sebaiknya tidak berkunjung ke RS jika tidak mendesak. Konsultasi laktasi bisa dilakukan secara hotline. Salah satu yang menyediakan konsultasi menyusui adalah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Pusat.

" Mengingat permintaan yang besar di area DKI Jakarta yg memerlukan layanan konseling di masa Pandemi #COVID19, AIMI Pusat membuka layanan konseling menyusui via telp/WA Call GRATIS untuk mereka di area DKI JAKARTA & sekitarnya. Mohon dicatat lagi bahwa area layanan AIMI Pusat di saat normal dan pandemi adalah DKI Jakarta & sekitarnya,"  tulis AIMI di akun Instagram resminya.

 

4 dari 4 halaman

Hubungi Nomor Berikut

Bagi para ibu yang sangat membutuhkan konsultasi laktasi, bisa menghubungi nomor 0812-9432-5526 untuk mengatur jadwal konseling. Proses pendaftaran dapat dilakukan hari Senin hingga Jumat pukul 10.000 - 17.00 WIB.

 Konsultasi menyusui gratis AIMI
© AIMI

(Sumber: AIMI Pusat)

Tetap semangat menyusui, para Bunda!

Join Dream.co.id