Selain Leukimia, Ini Kanker yang Juga Banyak Menyerang Anak

Retinoblastoma (Foto: Dinkes Indragiri Hulu)
DO IT YOURSELF  |  18 Juli 2018 16:04

Merupakan tumor ganas pada mata yang banyak dijumpai pada bayi dan anak di bawah 5 tahun.

Reporter :

Dream - Kabar menyedihkan datang dari Denada Tambunan. Shakira Aurum, putri satu-satunya, divonis mengidap leukimia. Penyakit tersebut merupakan kanker darah yang cukup ganas dan bisa mengancam nyawa Shakira.

Usia Shakira baru 5,5 tahun, namun penyakit kanker sudah menggerogotinya. Rupanya leukimia termasuk jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak. Selain itu menurut Depertemen Kesehatan Republik Indonesia, ada satu lagi jenis kanker yang juga sering diidap anak-anak.

Kanker tersebut yaitu retinoblastoma. Dikutip dari Depkes.go.id, retinoblastoma merupakan tumor ganas pada mata yang banyak dijumpai pada bayi dan anak di bawah 5 tahun. Kanker bisa terjadi pada satu sisi atau kedua mata dan dapat menyebabkan kebutaan bahkan kematian.

Gejala yang terjadi biasanya berupa manik mata putih atau mata kucing. Manik mata putih itu berupa bayangan putih yang tampak pada bagian tengan mata, sementara mata kucing merupakan mata yang bersinar kekuningan di tempat gelap, persis seperti mata kucing.

Ada pula gejala lain seperti mata juling, mata merah, pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata, dan buta. Untuk itu penting melakukan skrining sejak lahir dan pemeriksaan fisik setiap bulan bersamaan dengan vaksinasi.

Penyakit ini timbul akibat adanya proses mutasi genetik pada sel-sel saraf di dalam retina. Hal ini menyebabkan sel saraf terus tumbuh dan berkembang dan membentuk tumor pada retina.

Tumor ini juga dapat tumbuh dan mengisi hampir seluruh vitreous humor (zat seperti selai yang mengisi bola mata). Selain itu, dapat pecah dan menyebar ke bagian lain dari mata. Jika merasa mata anak terdapat bayangan putih atau membengkak dan merah, segera periksakan ke dokter.

Sumber: Depkes/ Liputan6.com

Selanjutnya : Kasus Leukimia Pada Anak Cukup Tinggi, Kenali Gejalanya
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Tinggalkan DJ & Dunia Malam, Amel Alvi Mulai Berhijab
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :