Sekolah Mulai Dibuka di Beberapa Negara, Amankah?

Anak sekolah menggunakan masker (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  22 Mei 2020 11:31

Sekolah di Belanda, China, Taiwan, Australia, Hong Kong dan Jepang mulai dibuka kembali.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sudah dua bulan anak-anak di Indonesia belajar dari rumah karena pandemi Covid-19. Hingga saat ini belum ada keputusan dari Pemerintah untuk membuka kembali sekolah, kampus dan lembaga pendidikan lainnya. Hal ini karena kasus Covid-19 di Indonesia belum berkurang signifikan.

Sementara, di beberapa negara seperti Belanda, China, Taiwan, Australia, Hong Kong dan Jepang sekolah mulai dibuka kembali. Meski demikian tak serta merta membuat kegiatan belajar mengajar normal seperti sebelumnya.

Sejumlah prosedur kesehatan dijalankan secara ketat. Seperti di Australia misalnya, masuk sekolah dilakukan bergantian. Hanya ada kelas satu kali seminggu untuk seperempat siswa dari setiap kelas.

Tidak semua kelas masuk bersamaan, termasuk anak-anak sekelas juga datang bergantian untuk mendapat materi. Kelompok anak yang datang harus sama, untuk mempermudah melakukan tracking jika ada diketahui terkena Covid-19.

Sementara di China, sekolah menyediakan fasilitas pemeriksaan khusus di gerbang. Ini semacam skrining awal untuk mengetahui kondisi kesehatan anak yang datang ke sekolah. Masker sekali pakai wajib dikenakan, sesampainya di sekolah masker harus diganti dengan yang baru.

Konsep tersebut juga diterapkan di sekolah di Taiwan dan Jepang. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan, terutama terkait prosedur kesehatan jika ingin sekolah dibuka kembali.

 

Selanjutnya : Mempersiapkan dengan Detail
Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :