Sekolah di Zona Hijau Mulai Dibuka Juli, Butuh Izin Orangtua

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  16 Juni 2020 12:02

Jika orangtua tak mengizinkan, sekolah tak boleh memaksa.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, pada Senin 15 Juni 2020 kemarin melalui siaran langsung di YouTube channel Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengumumkan sekolah di zona hijau Covid-19 akan dibuka paling cepat Juli 2020. Sekolah tingkat SMK, SMK dan sederajat yang akan dibuka lebih dulu dengan murid maksimal 18 orang dalam kelas.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka harus mengikuti protokol kesehatan ketat. Seluruh murid dan guru serta petugas yang ada di sekolah wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Sebelum masuk sekolah, izin dari orangtua juga diperlukan.

Jika ada orangtua yang tak mengizinkan anaknya untuk ke sekolah karena kondisi Covid-19 dan merasa tidak aman, maka sekolah tak boleh memaksa. Murid akan diizinkan sekolah dari rumah secara online. Hal ini ditegaskan oleh Nadiem.

" Keputusan akhir masuk sekolah atau tidak ada di tangan orangtua, walau sekolah dibuka, sekolah tidak boleh memaksa. Keputusan untuk sekolah (di zona hijau) dibuka, ada di tangan Kepala Sekolah, Pemerintah Daerah, tetap orangtua yang tentukan (izin)," ungkap Nadiem.

Sekolah yang dibuka juga wajib mengikuti syarat protokol kesehatan ketat. Antara lain harus ada akses cepat ke layanan kesehatan, wajib gunakan masker di lingkungan sekolah, ada thermogun untuk mengukur suhu tubuh, area cuci tangan yang memadai, penyemprotan disinfektan secara rutin.

" Harus ada akses ke layanan kesehatan, wajib pakai masker, thermogun, terakhir kesepakatan dengan komite sekolah," pesan Nadiem.

Selanjutnya : Sekolah di Zona Hijau Dibuka Paling Cepat Juli, Mulai dari Tingkat SMA
Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Video Mike Tyson & Badou Jack Salat Berjamaah Tuai Kritik
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :