Sariawan Pada Anak Bisa Jadi Parah, Kapan Harus ke Dokter?

Anak sariawan/ foto: shutterstock
DO IT YOURSELF  |  16 Oktober 2020 14:04

Perhatikan kondisi sariawan yang dialami anak.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sariawan bisa dialami siapa pun, bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Biasanya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Pada orang dewasa, mungkin bisa menoleransi rasa nyeri yang muncul karena sariawan.

Sementara anak-anak cenderung sulit untuk menoleransi. Efeknya adalah mereka jadi rewel, kehilangan nafsu makan, malas minum, bahkan jika sangat parah bisa mengalami dehidrasi.

" Bagian dalam bibir, lidah, gusi dan dasar rongga mulut, semua area dalam mulut bisa terkena sariawan. Masalah sariawan berdampak besar pada seorang anak jika tak segera diatasi," kata dr. Herwanto, seorang spesialis anak dalam webinar yang digelar Kalbe dan RS Mitra Keluarga pada 15 Oktober 2020.

Anak yang biasanya lincah dan aktif bisa saja menjadi malas bergerak dan lebih memilih duduk diam saat sariawan. Mengapa? Kondisi sariawan membuatnya malas makan dan hal itu membuat sumber energinya berkurang.

" Perhatikan kondisi sariawan pada anak. Jika ukurannya kecil, kurang dari 1 cm, termasuk sariawan minor. Biasanya sariawan ini akan sembuh dengan sendirinya, tapi perhatikan juga jika sariawannya cukup besar. Bisa jadi sariawan mayor, ukurannya lebih besar dan lebih dalam, cenderung lebih sakit," kata dr. Herwanto.

 

Selanjutnya : Beri Minum yang Banyak
Solidaritas Era Digital Pesta Rakyat Simpedes 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Solidaritas Era Digital Pesta Rakyat Simpedes 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :