Risiko yang Muncul Pada Ibu Hamil dengan Golongan Darah O

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  8 September 2020 08:03

Karakter golongan darah O dikenal tidak mau ‘berkawan’ dengan golongan darah lain

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Saat hamil, pastikan ibu sudah mengetahui golongan darahnya. Jika belum tahu, segera lakukan tes singkat untuk mengetahui golongan darah. Mengapa sangat penting mengetahui golongan darah pada ibu hamil?

Pada beberapa kondisi, saat persalinan ibu membutuhkan bantuan transfusi darah. Dengan mengetahui golongan darah, proses transfusi akan lebih cepat dan efektif. Tak hanya itu, golongan darah ibu juga untuk mengetahui risiko masalah pada janin.

Terutama pada ibu yang memiliki golongan darah O. Dikutip dari Unair.ac.id karakter golongan darah O dikenal tidak mau ‘berkawan’ dengan golongan darah lain. Sifat ini pun terbawa ketika seorang perempuan bergolongan darah O sedang mengandung.

Kecenderungan golongan darah O, berakibat selama proses kehamilan terjadi reaksi antigen dengan janin apabila diketahui bergolongan darah selain O. Kondisi ini tentu mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah bilirubin pada bayi.

" Proses peningkatan bilirubin pada bayi dapat disebabkan karena perbedaan golongan darah antara bayi dengan ibunya. Dari sekian jenis golongan darah, perempuan bergolongan darah O paling berisiko melahirkan bayi dengan hiperbilirubinemia level akut," kata dr Toto Wisnu Hendrarto, SpA(K), dari Unair.

 

Selanjutnya : Efeknya Bagi Janin
Sekolah di Mobil WiFi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sekolah di Mobil WiFi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :