Ketahui Risiko Kehamilan Berdasarkan Rentang Usia Ibu

pixabay.com
DO IT YOURSELF  |  19 September 2019 10:04

Usia berapa sih yang tepat untuk hamil. Yuk simak informasinya berikut ini.

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Hamil Melewati 41 Minggu, Waspada Kondisi Ini

Dream - Masalah kehamilan sangat beragam dan komplesk. Salah satu yang membuat banyak ibu khawatir adalah ketika tak ada tanda-tanda persalinan, padahal usia kehamilan sudah memasuki 41 minggu.

Secara umum, lamanya masa kehamilan adalah 37 sampai 41 minggu. Ada juga sejumlah literatur yang merujuk hingga 42 minggu. Jika sudah lebih dari 41 minggu, maka akan disebut hamil posterm.

Hamil posterm adalah kehamilan lewat bulan yang sudah melebihi 41 minggu. Dilansir dari buku "9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat", perhitungan waktu kelahiran ini didasarkan pada hari pertama menstruasi (HPM) terakhir tapi tidak selalu tepat HPM, bisa jadi maju 2 sampai 3 minggu atau mundur maksimal 2 minggu.

Untuk batas waktu 2 hingga 3 minggu tersebut masih dalam tahap normal. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui bila kehamilan sudah lebih dari 9 bulan.

1. Plasenta Mulai Mengalami Pengapuran

Dokter akan memeriksa kondisi plasenta. Pada hamil posterm, terkadang plasenta sudah mengalami pengapuran. Fungsinya sebagai pengantar sari makanan dan suplai oksigen ke bayi juga bisa semakin menurun. Baik tidaknya kondisi bayi bisa dilihat dari kondisi plasentanya.

Selanjutnya : 2. Air Ketuban Mulai Berkurang
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :