Rini 'Idol' Alami Radial Tenosynovitis, Gangguan Apa Itu?

Rini dan Jevin (Foto: Instagram)
DO IT YOURSELF  |  20 September 2017 19:36

Sering dikeluhkan banyak ibu hamil karena memicu rasa kaku pada jari-jari sampai sulit digerakkan.

Reporter : Nur Ulfa

Dream - Kondisi kehamilan setiap ibu memang berbeda-beda. Rasa pusing dan mual jadi hal yang sering dialami ibu hamil. Namun ada satu lagi keluhan yang juga sangat menganggu, yaitu kaku pada jari tangan atau kaku sampai sulit bergerak.

Hal ini biasanya dirasakan saat pagi hari. Bangun tidur setelah tidur malam, jari-jari kaku bahkan sampai tak bisa digerakkan. Muncul rasa nyeri, untuk membuat jari terbuka sampai harus ditarik dengan bantuan tangan lain.

Keluhan tersebut juga dialami Rini Wulandari. Jebolan " Indonesian Idol" ini dalam InstaStory di akun Instagramnya mengungkap kalau selama hamil, jarinya terasa sangat kaku dan sakit saat digerakkan. Dokter mengatakan kalau kondisinya itu merupakan radial tenosynovitis.

" Kalau aku ini, faktor hormon. Aku baru bangun tidur susah gerakin tangan. Dan itu bawaan hamil. Ga dikasih obat sama sekali. Aku disuruh pake penahan jempol. Ini Alhamdulillah bisa ditekuk," ujar Rini saat ditemui di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 20 September 2017.

Apa yang dimaksud gangguan radial tenosynovitis? Seperti dikutip dari Family Doctor, gangguan ini terjadi karena dua tendon di sekitar jari membengkak. Pembengkakan tersebut menyebabkan selubung (casing) yang menutupi tendon menjadi meradang.

Kondisi ini memberi tekanan pada saraf terdekat, yang efeknya menyebabkan rasa sakit dan mati rasa. Saat hamil, fluktuasi hormon terjadi dan membuat ibu mengalami pembengkakan, baik di jari, hidung, dan kaki.

Risiko mengalami radial tenosynovitis pun semakin tinggi. Untuk mengatasi hal ini biasanya dokter tak akan memberi obat khusus karena bisa membahayakan janin. Hal yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri dan kaku adalah menggerakkan jari secara teratur.

Perbanyak olahraga dan gerak tubuh. Berikan kompres air hangat pada area tubuh yang kaku. Bisa juga meremas-remas stres ball atau squishy secara teratur.

Jika memang sakitnya tak tertahankan, segera konsultasikan secara khusus pada dokter kandungan Anda. Jangan mengonsumsi obat pereda rasa sakit sembarangan karena bisa membahayakan janin.

 

 

 

 

Ingat Selalu Cara Memakai Masker yang Tepat
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Waspada Gejala Ini pada Lansia, Bisa Jadi COVID-19
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :