Resep MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan, Sehat dan Praktis

shutterstock.com
DO IT YOURSELF  |  30 Juli 2019 08:06

Anak sudah mulai memasuki tahap mpasi? Moms sudah punya gambaran resep mpasi? Yuk simak informasi resep MPASI berikut ini.

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Dream – Setelah bayi menginjak usia 6 bulan, ibu mulai bisa memperkenalkan si kecil dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Mengenalkan MPASI kepada si kecil sebaiknya dilakukan secara bertahap agar si kecil terbiasa.

Perlu diingat, tidak semua bayi bisa langsung diberikan MPASI. Terdapat beberapa tanda yang harus diperhatikan bahwa si kecil telah siap untuk diberikan makanan.

Tanda yang perlu diperhatikan adalah si kecil sudah mampu untuk mengangkat kepala, berdiri walaupun dengan bantuan, menggenggam makanan, memasukkan benda ke mulut hingga si kecil sudah mulai tertarik untuk membuka mulut pada saat ada makanan.

Dalam pemberian mpasi juga terdapat perbedaan tergantung dengan usia si kecil. Jika si kecil berusia 6-8 bulan, berikan MPASI sebanyak 2-3 kali sehari dan makanan selingan 1-2 kali dengan makanan yang lembut.

Jika si kecil berusia 9-11 bulan, dalam pemberian MPASI sama seperti usia sebelumnya namun berikan dia makanan yang sudah memiliki tekstur sedikit kasar. Si kecil yang berusia lebih dari 12 bulan sudah bisa untuk diberikan MPASI yang memiliki tekstur yang kasar.

MPASI sangat dibutuhkan si kecil untuk dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun motoriknya.

Dengan hal tersebut, perhatikan kembali asupan makanan yang diberikan kepada si kecil. Sebaiknya, racik sendiri MPASI untuk sang anak agar terjamin kandungan dan kebersihannya. Yuk simak resep MPASI yang sudah Dream rangkum dari berbagai sumber.

Selanjutnya : Resep MPASI: Pure Pisang dan Apel
Sinergi Antar-Kementerian untuk Mencegah Penularan COVID-19 Saat Libur Panjang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Timeline Vaksinasi yang Disiapkan Oleh Pemerintah
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :