Remaja 13 Tahun Sudah Punya 4 Gelar Sarjana, Super Jenius!

Do It Yourself | Rabu, 3 Juni 2020 08:03
Remaja 13 Tahun Sudah Punya 4 Gelar Sarjana, Super Jenius!

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat usia 11 tahun ia daftar kuliah.

Dream - Anak usia 13 tahun biasanya masih berkutat dengan masalah pubertas dan sekolah di jenjang SMP. Jack Rico, remaja 13 tahun asal California, Amerika Serikat, justru sudah menyelesaikan studi jenjang sarjana.

Bukan hanya satu gelar sarjana saja yang ia dapatkan, tapi empat! Gelar tersebut bahkan biasa diselesaikannya hanya dalam waktu 2 tahun saja. Sejak kecil memang Rico berbeda dari anak lainnya.

Ia menjalani pendidikan akselerasi atau lompat kelas dan sudah berkuliah pada usia 11 tahun. Ru Andrede, sang ibu, tak bisa menyembunyikan kebanggaannya pada sang anak.

" Saat usia 3, Rico sudah menunjukkan tanda kalau ia bukan anak rata-rata. Pada usia ke-4 dia minta ulang tahun dengan mengunjungi Gedung Putih. Saya menjawabnya dengan bercanda, kalau ia bisa hafal seluruh Presiden maka kita akan ke sana. Seminggu kemudian, ia sudah hafal," kata Ru, seperti dikutip dari People.

 

2 dari 3 halaman

Sulit Belajar di sekolah Biasa

Dengan kejeniusannya, bukan hal mudah bagi Rico untuk belajar di sekolah biasa. Akhirnya sang ibu menerapkan homeschooling yang memungkinkan dia untuk lebih fokus dan tantangan pelajaran yang lebih sulit.

" Ketika dia berusia 11 tahun, saya tahu dia membutuhkan lebih banyak tantangan dan guru yang lebih baik daripada saya," ungkap Ru.

Saat itulah Ru memasukkan Rico ke Fullerton College's Bridge Program, yang memungkinkan siswa K-12 yang lulus ujian bisa ikut kelas universitas. Rico awalnya hanya mengambil satu kelas dan dia benar-benar menyukainya. Akhirnya seluruh kelas diselesaikan dengan baik.

" Dia terus meminta mengambil lebih banyak kelas. Seorang juru bicara untuk community college memuji prestasi Rico," ungkap Ru, dikutip dari UpWorthy.

3 dari 3 halaman

Lulus di Tengah Pandemi

Meskipun krisis coronavirus yang sedang berlangsung merampas kesempatan Rico untuk menghadiri upacara kelulusan, keluarga merencanakan acara khusus untuk berkendara di La Mirada demi merayakan kelulusannya.

"Jack Rico bukan jenius, dia hanya bekerja sangat keras. Kami sangat bahagia untuk Jack dan semua prestasi akademiknya. Dia memiliki saudara perempuan dengan autisme dan dia baru saja menjadi kakak yang luar biasa," tulis Ru dalam akun Instagramnya.

      View this post on Instagram

Jack, I know today would have been your graduation ceremony and I am so sorry that you did not get to experience that. But I want you to know that I am so proud of everything you are and everything you have accomplished. Learning with you has been one the greatest adventures of my life. I love you more. Congratulations Jack ???? @saraancich #fcgrads2020shine

A post shared by Ru Andrade (@jackanjuliasmom) on

Join Dream.co.id