Punya 2 Rahim, Ibu Ini Lahirkan 3 Bayi dengan Jarak 1 Bulan

Do It Yourself | Senin, 1 April 2019 16:08

Reporter : Mutia Nugraheni

Kondisi perempuan ini sangat langka.

Dream - Arifa Sultana (20) baru saja melahirkan bayinya di akhir Februari 2019 lalu. Setelah si bayi berusia 1 bulan, ia kemudian merasakan sakit perut luar biasa.

Perempuan asal Bangladesh ini lantas kembali ke rumah sakit tempatnya melahirkan. Pemeriksaan ultrasonografi (USG) dilakukan.

Tak disangka, hasilnya menunjukkan kalau Arifa mengalami kontraksi dan terdapat bayi kembar dalam rahimnya. Usia bayi tersebut sudah matang dan siap dilahirkan.

" Setelah melahirkan anak pertamnya, Arifa diperbolehkan pulang. Tak ada yang menyadari, termasuk staf rumah sakit kalau sebenarnya, ia juga sedang mengandung anak kembar," kata dr. Sheila Poddar, dokter kandungan Ad-Din Hospital, di Dhaka yang menangani Arifa.

Punya 2 Rahim, Ibu Ini Lahirkan 3 Bayi dengan Jarak 1 Bulan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Arifa Memiliki 2 Rahim

Hasil USG menunjukkan kalau kondisi Arifa termasuk langka. Ia memiliki dua rahim, di mana keduanya mengandung bayi dalam jarak usia yang tak jauh berbeda.

Di rahim pertama, mengandung bayi yang telah dilahirkannya, sementara di rahim kedua terdapat janin kembar.

" Ini sangat langka di mana seorang perempuan memiliki dua rahim dan hamil serta melahirkan dalam kondisi baik," kata S.N. Basu, kepala divisi kebidanan di Max Healthcare.

Biasanya, perempuan yang memiliki dua rahim tak mengalami kehamilan yang mulus. Risiko pendarahan dan keguguran sangat tinggi. Namun pada kasus Arifa, ketiga bayinya dalam kondisi baik hingga dilahirkan.

3 dari 3 halaman

Tidak Terdeteksi

Kehamilan di rahim kedua Arifa tak terdeteksi sejak awal. Pasalnya, Arifa selama ini tidak melakukan pemeriksaan USG.

Ia datang ke rumah sakit hanya untuk melahirkan dan tak pernah memeriksakannya ke dokter. Setelah kesakitan luar biasa yang ternyata kontraksi, baru dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter.

Dari USG lalu terlihat kalau Arifa memiliki dua rahim dan tengah mengandung bayi kembar.

Sumber: Cafemom

Join Dream.co.id