Posisi Tidur Paling Tepat Setelah Operasi Caesar

Tidur lelap (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  8 Maret 2019 10:09

Cari posisi yang tak membuat luka sayatan tertekan dan bisa bangun dengan mudah.

Reporter :

Dream - Setelah menjalani operasi caesar, luka akan terasa sangat menyakitkankan. Untuk turun tempat tidur saja rasanya seperti perjuangan besar. Pasalnya rasa nyeri tersebut seperti menjalar ke seluruh tubuh.

Begitu pula saat tidur, rasanya berbagai posisi selalu salah. Untuk mengurangi rasa nyeri dan membuat luka cepat pulih ada posisi tidur yang direkomendasikan setelah operasi caesar, dikutip dari MomJunction.

Telentang
Telentang merupakan posisi yang aman dan nyaman untuk beberapa hari dan minggu pertama setelah operasi caesar. Tidak ada tekanan pada sayatan saat tidur telentang. Bisa juga meletakkan bantal di bawah lutut untuk kenyamanan ekstra.

Sayangnya saat tidur dengan posisi ini, ibu akan sulit untuk turun dari tempat tidur atau duduk karena dapat menimbulkan ketegangan pada area sayatan. Ini juga bukan posisi yang tepat jika Anda memiliki tekanan darah abnormal.

Menghadap kiri
Ini adalah posisi yang lebih nyaman setelah melahirkan. Tidak ada tekanan pada sayatan, dan tidak begitu menyakitkan saat turun dari tempat tidur. Tidur di sebelah kiri membantu aliran darah yang optimal dan meningkatkan pencernaan. Bisa juga menggunakan bantal untuk menopang perut dan pinggul.

Bantal lebih tinggi
Mengangkat tubuh bagian atas dengan mengganjalnya menggunakan bantal bisa jadi cara yang lebih nyaman untuk tidur. Posisi membuat pernapasan lebih baik dan juga memudahkan tidur. Jika merasa tidak nyaman, gunakan bantal di antara lutut dan di bawah pinggul.

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Kocak Abis, Gaya Barbie Kumalasari Ngomong Bahasa Inggris
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :