Pil Kontrasepsi Bisa Ganggu Kesuburan? Cari Tahu Jawabannya

Pil kontrasepsi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  4 Januari 2019 14:12

Banyak yang mengira penggunaan pil bakal menganggu kesuburan.

Reporter :

Dream - Demi mengontrol kehamilan, penggunaan pil memang sangat praktis. Cukup dikonsumsi secara rutin, setiap hari, maka kehamilan bisa dicegah. Harganya pun sangat terjangkau dan bisa dibawa ke mana pun.

Banyak yang mengira penggunaan pil ini bakal menganggu kesuburan. Pasalnya, konsumsi pil bekerja dengan 'menganggu' siklus hormon. Sehingga, saat berhenti menggunakannya akan membuat kehamilan sulit terjadi.

Ternyata hal tersebut tidak benar. Seperti dikutip dari Firstcry, mengonsumsi pil kontrasepsi apa pun tidak memengaruhi kesuburan wanita. Tidak ada bukti ilmiah yang yang menemukan hubungan langsung antara penggunaan pil kontrasepsi dengan infertilitas pada wanita.

Memang, salah satu efek penggunaan pil kontrasep adalah siklus menstruasi akan tidak teratur setelah berhenti minum pil. Namun, kondisi siklus haid atau amenore pasca konsumsi pil yang terganggu ini biasanya terjadi karena beberapa kondisi medis lain yang mendasarinya dan bukan karena mengonsumsi pil kontrasepsi.

Kesuburan tidak akan terganggu setelah mengonsumsi pil. Para ibu pun bisa langsung hamil setelah menghentikan penggunaannya. Untuk pil sebenarnya dibuat bukan untuk kontrasepsi jangka panjang.

Pil lebih direkomendasikan untuk penggunaan kurang dari satu tahun. Jika membutuhkan kontrasepsi lebih dari satu tahun, dianjurkan menggunakan IUD atau spiral.

Kontroversi Setya Novanto Selama Jadi Terpidana Korupsi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dari Thor Jadi Agent MIB yang Gokil, Ini Kata Chris Hemsworth
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :