Perubahan Mengagumkan Pada Tubuh Ibu Pasca Melahirkan

Ibu hamil (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  30 September 2020 12:04

Tangan yang gemetar, rahim yang masih merasakan kram setelah melahirkan, lemas, hingga depresi dan stres kerap dialami ibu setelah persalinan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Tubuh ibu mengalami transformasi besar selama kehamilan, saat persalinan dan setelah persalinan. Banyak ibu yang kaget dan bingung dengan kondisi tubuhnya setelah melahirkan.

Edukasi kesehatan seputar kesehatan ibu pasca melahirkan tak segencar saat hamil. Keluhan akan muncul.

Mulai dari tangan yang gemetar, rahim yang masih merasakan kram setelah melahirkan, lemas, hingga depresi dan stres kerap dialami ibu setelah persalinan.

Ibu membutuhkan masa pemulihan setelah melahirkan. Fisik, hormon dan mentalnya mengalami perubahan drastis. Berikut perubahan pasca persalinan di tubuh ibu yang penting diketahui, agar bisa dihadapi dan ditangani dengan baik.

Hormon
Ibu akan merasa bukan dirinya yang sebelumnya, dan hal ini terjadi karena perubahan hormon secara drastis. Tepat setelah melahirkan, kadar estrogen dan progesteron turun drastis, yang dapat berkontribusi pada " baby blues" (perubahan suasana hati, kecemasan, kesedihan atau lekas marah, yang hilang dalam waktu satu minggu atau lebih setelah kelahiran) atau depresi pascapartum (gejala serupa yang lebih intens, bertahan lebih lama dan mengganggu kehidupan sehari-hari).

" Beberapa hormon naik dari yang tertinggi ke yang paling rendah, tepat sebelum melahirkan hingga setelahnya," kata Ann Dunnewold, psikolog yang juga penulis buku The Real Mom's Postpartum Survival Guide.

Sementara itu, oksitosin atau hormon cinta akan membanjiri tubuh. Ini mengubah perilaku menjadi keibuan. Saat oksitosin meningkat, kecemasan juga bisa meningkat.
" Hormon-hormon ini mempengaruhi satu sama lain dalam tarian yang kompleks dan memengaruhi energi dan suasana hati," ujar Dunnewold.

Hormon tiroid, yang membantu mengatur suhu tubuh, metabolisme, dan fungsi organ, juga dapat dipengaruhi oleh proses melahirkan. Menurut American Thyroid Association, lima hingga 10 persen wanita menderita tiroiditis pascapartum, yaitu pembengkakan kelenjar tiroid, dan penyebab pastinya tidak diketahui.

 

Selanjutnya : Penurunan level vitamin dan mineral
Panduan Pemeriksaan Kehamilan di Masa Pandemi COVID-19
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cara Mudah Agar Tetap Kreatif di Masa Pandemi Covid-19
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :