Persiapkan Remaja Putri Hadapi Menstruasi Pertama

Anak remaja (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  12 Juni 2020 12:02

Biasanya, anak perempuan mulai haid pada usia 11 tahun, ada juga yang 9 atau 10 tahun.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Menstruasi jadi hal penanda akil baligh pada remaja putri. Perubahan pada tubuhnya bakal terjadi sangat drastis, termasuk kondisi psikologisnya. Untuk itu, penting menyiapkan remaja putri jelang menstruasi pertamanya.

Biasanya, anak perempuan mulai haid pada usia 11 tahun, ada juga yang 9 atau 10 tahun. Untuk itu, di usia 9 tak ada salahnya untuk mulai menjelaskan apa yang dialami ibu setiap bulannya.

Peran ibu sangat besar dalam hal ini. Mulailah mengenalkan pembalut yang biasa dipakai. Lalu ajarkan cara menggunakan dan memilih yang paling nyaman, karena banyak sekali jenis pembalut di pasaran.

Jelaskan kalau semua perempuan akan mengalami haid karena memiliki sel telur yang tak dibuahi. Pendidikan seksual jadi hal yang harus diajarkan sejak dini. Anak pun harus tahu kalau ia harus berhati-hati dalam bergaul.

Menjaga kebersihan organ intim juga harus dilakukan, jangan sampai mengalami gangguan kesehatan. Terutama saat haid karena area intim mengeluarkan darah yang harus dijaga kebersihannya dengan ekstra.

Hal ini mengingat anak perempuan sangat berisiko mengalami infeksi saluran kemih (ISK), karena kurang menjaga kebersihan organ intim. Sangat penting untuk mengajarkan anak membilas dan mengeringkan vaginanya dari depan ke belakang dan jangan sebaliknya, demi mencegah kuman yang bisa masuk ke area intim dan memicu ISK.

 

Selanjutnya : Tanda Anak Perempuan Segera Haid
Ingat Selalu Cara Memakai Masker yang Tepat
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Waspada Gejala Ini pada Lansia, Bisa Jadi COVID-19
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :