Permainan yang Bisa Stimulasi Si Kecil Belajar Bicara, Untuk Usia 12-18 Bulan

Do It Yourself | Jumat, 31 Juli 2020 10:21
Permainan yang Bisa Stimulasi Si Kecil Belajar Bicara, Untuk Usia 12-18 Bulan

Reporter : Mutia Nugraheni

Stimulasi bicara sangat penting untuk anak usia 1 tahun ke atas.

Dream - Kemampuan bicara anak di bawah usia 1 tahun berbeda-beda. Ada yang bisa berbicara dengan cepat tapi ada juga yang lambat.

Bisa juga mengalami masalah, seperti artikulasinya kurang jelas, tak mau berbicara sama sekali atau terdengar cadel.

Stimulasi bicara sangat penting untuk anak usia 1 tahun ke atas. Ayah bunda diharapkan aktif mengajak anak bermain sambil berbicara agar kemampuan bicara si kecil berkembang dengan baik.

Bagaimana caranya? Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers, penulis Raising Your Child, menyarankan kegiatan pembelajaran ini untuk anak-anak 12-18 bulan agar kemampuan berbicaranya berkembang dengan baik.

 

2 dari 4 halaman

Bacakan banyak buku

" Baca, baca, baca dan baca lagi. Bisa membaca buku, poster, tulisan di televisi, kertas atau tulisan lain. Mintalah anak untuk menunjukkan benda-benda tertentu pada buku dan jelaskan nama dan fungsi benda tersebut," kata Loehr, seperti dikutip dari Parents.

Dongeng penuh ekspresi
Sediakan banyak buku dongeng dengan gambar menarik. Minta anak membalik halaman buku, lalu orangtua bisa ceritakan kisah dalam buku. Ajak anak terlibat dengan tokoh yang ada di dalam buku cerita.

" Misalnya menceritakan tentang serigala, bagaimana suaranya, berekspresi takut, dan tertawa bersama. Membuatnya terlibat dalam proses bercerita sangat menyenangkan bagi anak. Semakin banyak cerita yang dia ceritakan, semakin baik keterampilan bahasanya akan berkembang," ungkap Loehr.

 

3 dari 4 halaman

Berdiskusi dan minta pendapat

Berbicaralah dengan anak seolah dia orang dewasa. Tanyakan pendapatnya, suka, dan tidak suka. Dengarkan dengan seksama ketika dia berbicara. Tanggapi dengan cara yang menunjukkan kalau kita mengerti apa yang dia katakan. Ulangi apa yang dia katakan kembali kepadanya.

" Cara ini juga mengajarkan menghargai orang lain. Tidak hanya untuk memodelkan artikulasi atau pengucapan yang sesuai tetapi juga untuk memodelkan keterampilan mendengarkan yang baik," kata Loehr.

 

4 dari 4 halaman

Telepon mainan

Bermainlah menggunakan telepon mainan. Saat anak berbicara, kita dengarkan dan berbincang layaknya di telepon. Mulai dari kalimat menyapa, berbicara dan mengucap pamit di telepon. Anak juga akan tahu bagaimana berbicara dengan baik dan menjawab telepon.

Permainan yang cukup simpel tapi dampaknya luar biasa. Selamat mencoba!

Join Dream.co.id