Permainan Seru dan Edukatif yang Cocok untuk Anak Perempuan

Do It Yourself | Senin, 20 Juli 2020 08:03
Permainan Seru dan Edukatif yang Cocok untuk Anak Perempuan

Reporter : Mutia Nugraheni

Bukan hanya menghibur anak, tapi juga membuatnya belajar banyak hal.

Dream - Rasa bosan pastinya sudah dirasakan anak-anak karena terlalu lama di rumah. Sahabat Dream sebagai orangtua mungkin juga sudah kebingungan untuk mencari hiburan bagi anak, terutama anak perempuan.

Nah, jika sedang mencari aktivitas seru bersama si putri kecil, bagaimana kalau melakukan tiga permainan yang bernuansa edukatif. Bukan hanya menghibur anak, tapi juga membuatnya belajar banyak hal. Segera coba di rumah bersama buah hati.

1. Puzzles
Bermain puzzles atau teka-teki adalah permainan yang bagus untuk balita karena mencakup semua keterampilan seperti fisik dengan mulai dari membuat potongan-potongan itu cocok, kognitif yaitu benar-benar menyelesaikan puzzles, dan keterampilan emosional yaitu dengan mempelajari cara bersabar. Membangun puzzle juga dapat meningkatkan daya ingat anak, mengajar si kecil tentang berbagai bentuk, dan membantunya menetapkan dan menyelesaikan tugasnya.

 

2 dari 3 halaman

2. One for You, One for Me

Permainan ini sangat tepat ketika akan mengajarkan anak untuk berbagi. Tumpukkan mainan, alat tulis, hingga bonekanya. Kemudian bermainlah dengan menyuruhnya mengambil satu dan memberikan padamu satu, sambil menyebutkan One for You, One for Me! Sediakan wadah untuk menampung benda-benda tersebut dalam permainan ini.

 

3 dari 3 halaman

3. Hot and Cold

Carilah mainan apa yang sangat disukai si kecil, lalu sembunyikan. Minta anak untuk mencarinya di kamar. Jika mainan tersebut masih jauh dari jangkauannya teriakkan dingin atau Cold, sementara jika semakin dekat ucapkan panas. Saat si kecil frustrasi ketika belum menemukan mainan tersebut, kamu dapat menggenggam tangannya sembari menemaninya mencari mainan yang disembunyikan tersebut.

Permainan ini akan mempertajam keterampilan emosional anak. Mereka akan belajar kesabaran, ketekunan, dan pemikiran bahwa hanya karena tidak dapat melihat sesuatu, bukan berarti benda itu tidak ada di sana.

Laporan Meita Fajriana/ Sumber: Fimela

Join Dream.co.id