Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Membeli Mainan Anak

Do It Yourself | Rabu, 13 November 2019 12:03
Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Membeli Mainan Anak

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Tidak semua mainan dapat diberikan begitu saja pada anak, apalagi jika tak sesuai dengan usia mereka.

Dream - Berbagai jenis mainan kerap membuat orangtua bingung saat membeli. Tak sedikit pula yang membiarkan anaknya memilih mainan yang disukai.

Tahukah ibu, setiap jenis mainan memiliki fungsi berbeda bagi pemakainya? Tidak semua mainan dapat diberikan begitu saja pada anak, apalagi jika tak sesuai dengan usia mereka.

Menurut psikolog klinis anak dari Rumah Dandelion, Febiana Pratomo setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mainan.

Yuk segera cari tahu apa saja yang penting diperhatikan saat memilih mainan anak.

2 dari 5 halaman

Usia Anak

Mainan dirancang berdasarkan kebutuhan anak dalam mencapai tumbuh kembang mereka. Penyesuaian mainan berdasarkan usia sangat penting agar si kecil menikmati kegiatan bermain.

" Jika mainan disesuaikan dengan usia, maka sudah pasti sesuai dengan kemampuannya. Kalau terlalu sulit nanti dia frustasi, tapi kalau terlalu mudah ya dia bisa jadi cepat bosan," ujar Febiana di peluncuran ELC Toys Holiday Season, Jakarta, Selasa 12 November 2019.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Mainan

Mainan dibuat dengan jenis dan tujuan yang bermacam-macam seperti melatih motorik, daya kognitif, kreativitas, sensoris, bahasa dan sosial emosional. Selain menyenangkan, maianan yang bagus dapat memberi manfaat lebih untuk tubuh kembang si kecil.

" Semua aspek perkembangan bisa terstimulasi dengan jenis mainan yang tepat. Misalnya permainan interaktif tanya jawab sebagai cara anak mengungkapkan emosi dan melatih kemampuan sosial mereka," jelasnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Kesukaan Anak

Biasanya anak-anak memiliki tema kesukaan di periode tertentu. Memberi mainan sesuai kesukaan si keil memang menyenangkan bagi mereka, namun orang tua juga dapat memberi mainan dengan tema berbeda agar mengenal hal lain.

" Kalau dia kurang tertarik pada mainan baru, kitanya harus ikut main dan buktikan bahwa itu juga seru lho," kata Febiana.

 

 

5 dari 5 halaman

Keamanan

Mainan yang bagus dirancang dengan mempertimbangkan faktor keamanan. Perhatikan keterangan produk. Beberapa hal yang perlu dipahami diantaranya jenis bahan, wadah atau plastik pembungkus dan choking hazard atau risiko tersedak.

" Pastikan tidak ada kepingan kecil karena mereka bisa saja memasukkan benda ke dalam mulut. Kemudian perhatikan cat, jenis bahan, bentuk runcing atau tumpul supaya bermain jdadi menyenangkan bukan mengkhawatirkan," pungkasnya.

Join Dream.co.id