Perhatian Calon Ayah, Kolesterol Tinggi Bisa Turunkan Kualitas Sperma

Do It Yourself | Rabu, 15 September 2021 14:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Selalu jaga kolesterol dalam level normal jika ingin sel sperma dalam keadaan sehat.

Dream - Kabar penting bagi para calon ayah yang sedang berusaha mendapatkan buah hati, selalu jaga level kolesterol dalam level normal. Ternyata kolesterol yang tinggi bisa menurunkan kualitas sperma secara siginifikan.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan kualitas sperma yang rendah. Sebuah penelitian juga menyebutkan tingkat kolesterol tinggi dapat memengaruhi lama atau cepatnya seorang wanita untuk hamil.

Penelitian dilakukan oleh National Institutes of Health, Amerika Serikat. Studi menemukan kolesterol tinggi berkaitan dengan tingkat kesuburan yang lebih rendah pada pria dan wanita.

Dikutip dari KlikDokter.com, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kolesterol tinggi memang akan menyebabkan kesuburan pada pria menurun. Untuk itu sangat penting bagi kaum pria mengatur pola makan dan menerapkan kebiasaan hidup sehat agar level kolesterol selalu terjaga.

“ Kalau untuk hubungan antara kolesterol dan kesuburan ini memang betul, terutama pada pria. Ketika asupan lemak atau akumulasi lemaknya terlalu tinggi pada seorang pria, ini akan mengganggu aktivitas yang menyediakan asupan nutrisi pada sperma," ujar dr. Iqbal.

“ Nantinya, pembentukan sperma jadi terganggu, termasuk kualitas, jumlah, dan sebagainya,” ungkapnya.

 

Perhatian Calon Ayah, Kolesterol Tinggi Bisa Turunkan Kualitas Sperma
Pemeriksaan Kesuburan Pria/ Foto: Shutterstock
2 dari 7 halaman

Picu Masalah Kesehatan Lain

Tidak hanya itu, menurut dr. Iqbal, plak atau lemak yang terlalu banyak pada pembuluh darah bisa berubah menjadi sel atau radikal bebas dan memengaruhi kesuburan pria. Hal-hal seperti ini pada akhirnya dapat mengganggu kesuburan pria.

Tingginya kadar kolesterol juga berpengaruh pada hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam kesuburan pria dan wanita. Kedua hormon ini memiliki peranan penting dalam kualitas sperma, kehamilan sehat, dan sebagainya.

Kolesterol tinggi memang menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit. Tak hanya stroke atau penyakit jantung, kolesterol tinggi juga memengaruhi kesuburan. Selengkapnya baca di sini.

3 dari 7 halaman

Viral di TikTok, Pemeriksaan Kesuburan Sperma di Laboratorium

Dream - Masalah kesuburan kerap tabu untuk dibicarakan, padahal sangat penting untuk dibahas. Terutama bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan.

Pada banyak kasus, saat istri tak kunjung hamil dijadikan pihak yang paling bertanggung jawab. Faktanya, untuk bisa hamil dibutuhkan sel telur dan sel sperma yang sehat.

Pastinya dibutuhkan pemeriksaan medis dan konsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidang kesuburan untuk mengetahui secara detail. Salah satu pemeriksaan yang penting dilakukan untuk tahu apakah kondisi sel sperma calon ayah sehat atau tidak adalah analisis sperma.

Untuk melakukan pemeriksaan ini, calon ayah diminta untuk mengeluarkan sperma. Sel sperma tersebut kemudian dianalisis oleh petugas laboratorium. Seperti dalam video yang diunggah di akun TikTok @ikayyy___.

 Sperma di bawah mikroskop© TikTok @ikayyy___

Ia merupakan tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai analis laboratorium. Salah satu pekerjaannya adalah memeriksa kondisi sperma. Dari video yang diunggahnya, tampak di penglihatan mikroskop sel sperma banyak yang mati.

4 dari 7 halaman

Hal Ini yang Dilihat

" Jangan cuma lihat barangnya. Cek isinya juga mba e,"  tulis tenaga kesehatan yang bekerja di Lampung ini.

 Sel sperma© TikTok @ikayyy___

Ia mengungkap ada beberapa hal yang dianalisis, yaitu konsentrasi/ motility dan vitality. Hal tersebut akan menggambarkan kondisi sperma secara keseluruhan.

 

6 dari 7 halaman

Kaum Pria, Konsumsi Asupan Ini Demi Tingkatkan Kualitas Sperma

Dream - Bagi pasangan yang tengah merencanakan kehamilan, pastinya harus memperbaiki pola makan. Bukan hanya calon ibu, tapi juga calon ayah. Seperti kita ketahui, dibutuhkan sel sperma berkualitas untuk bisa membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.

Untuk itu disarankan agar menjaga gaya hidup sehat. Salah satunya dnegan mengonsumsi asupan yang mampu menangkal radikal bebas. Kerusakan sel sperma merupakan satu dari sekian banyak paparan radikal bebas.

Kemandulan pria, dikutip dari MomJunction, juga terkait dengan jumlah sperma yang rendah. Ini dikaitkan dengan kekurangan vitamin atau zinc. Nah, ada makanan sehat yang kaya antioksidan dapat meningkatkan kualitas air mani dan melindungi jumlah dan kualitas sel sperma. Coba konsumsi asupan ini agar sel sperma terjaga kualitasnya.

1. Tomat
Merupakan sumber likopen yang kaya, serta antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan motilitas, struktur, dan aktivitas sperma. Penelitian mengungkap bahwa konsumsi jus tomat secara teratur dapat meningkatkan motilitas sperma pada pria yang tidak subur. Bisa juga dapat menambahkan minyak zaitun ke tomat yang dimasak atau diproses untuk meningkatkan penyerapan antioksidan.

2. Kenari
Kacang kenari kaya akan asam lemak omega 3. Sebuah studi oleh Society for the Study of Reproduction menemukan bahwa konsumsi harian 2,5 ons atau 70 gram kenari meningkatkan vitalitas, morfologi, dan motilitas sperma pada pria berusia antara 21 dan 35. Kenari dapat ditambahkan sebagai topping ke salad apa pun atau dikonsumsi langsung sebagai camilan.

 

7 dari 7 halaman

Konsumsi Juga Makanan Ini

3. Delima
Makanan ini sangat kaya akan antioksidan. Studi menunjukkan bahwa delima meningkatkan kadar testosteron dan kualitas sperma, serta meningkatkan gairah seks. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa tikus yang diberi jus buah delima setiap hari selama sekitar delapan minggu menunjukkan peningkatan konsentrasi sel sperma.

4. Ginseng
Ini adalah akar afrodisiak yang digunakan dalam praktik pengobatan tradisional China dan Korea. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 66 pria, penggunaan ekstrak ginseng Asia ditemukan dapat meningkatkan kadar testosteron dan jumlah sperma.

5. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran hijau kaya akan asam folat, yang berperan penting dalam kesuburan pria. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi asam folat tingkat tinggi setiap hari memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kelainan sperma. Sayuran ini termasuk bayam, brokoli, kacang hijau, dan sayuran berdaun hijau tua lainnya.

Join Dream.co.id