Pemicu Utama Anemia Pada Ibu Pasca Persalinan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  20 Januari 2020 08:02

Kondisi ini merupakan kekurangan zat besi kronis yang dialami setelah melahirkan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Gejala Infeksi Saat Nifas yang Kerap Tak Disadari Ibu

Dream - Setelah melahirkan, sebagian besar ibu fokus mengurus bayinya, melakukan penyesuaian dan seringkali lupa menjaga kesehatannya. Penting diketahui bahwa perawatan ibu pasca persalinan sangat penting dilakukan.

Saat melahirkan, ibu pasti memiliki luka di area perineal, yaitu antara vagina dan anus. Luka ini muncul saat persalinan. Adanya luka berarti ada risiko infeksi, apalagi di luka tersebut keluar juga darah nifas selama sekitar 40 hari.

Untuk itu, penting memeriksakan diri ke bidan atau dokter setelah satu minggu dan dua minggu pasca persalinan. Hal ini agar jika terjadi infeksi bisa tertangani dengan baik.

Pasalnya jika infeksi tidak segera diatasi, bisa memicu komplikasi yang membahayakan kondisi ibu. Ada beberapa risiko infeksi yang wajib diwaspadai ibu pasca melahirkan. Apa saja?

Setelah persalinan, ibu biasanya akan diberi instruksi oleh bidan atau dokter untuk membersihkan luka di area intim atau bekas operasi caesar. Infeksi bisa saja terjadi di luka tersebut. Berikut beberapa risiko yang mungkin muncul:

Endometritis: infeksi pada lapisan rahim
Miometritis: infeksi pada otot rahim
Parametritis: infeksi pada area di sekitar rahim

Selanjutnya : Gejala Adanya Infeksi Setelah Melahirkan
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :